kepemimpinan situasional

Kepemimpinan situasional sangat dibutuhkan di dalam sebuah organisasi. Karena pemimpin bisa memimpin sesuai situasi dan kondisi yang ada. Pemimpin juga harus menyesuaikan gaya kepemimpinannya dengan tahap pengembangan para anggota timnya berdasarkan kesiapan dari para anggota tim untuk melakukan suatu tugas sesuai jobdesk, kompetensi dan motivasinya.

Gaya kepemimpinan yang akan diterapkan oleh pemimpin akan menentukan juga keberhasilah suatu tugas oleh anggota timnya. Maka dalam kepimpinan situasional ini terdapat 2 faktor yaitu perpaduan antara gaya kepemimpinan dan tahap pengembangan atau kematangan individu atau tim tersebut. Kepemimpinan situasional terdiri dari 4 gaya yaitu:

kepemimpinan situasional

Situasi ini ketika anggota tim tidak mampu atau takut untuk melakukan suatu tugas maka peran pemimpin disini untuk mengembangkan kompetensi anggota tim secara praktis. Pemimpin juga mengembangkan struktur pekerjaan agar terkoordinir dengan baik.

kepemimpinan situasional

Dalam situasi ini biasa terjadi saat anggota tim kurang memiliki kompetensi namun keinginan untuk melakukan tugas tersebut sangat tinggi dan ingin mencoba hal-hal baru. Peran pemimpin disini lebih untuk memberikan atau “menjual” saran atau ide cara melakukan tugas tersebut. Pemimpin juga memberikan ide mengenai cara melaksanakan tugas dengan efektif dan efisien agar tugas atau pekerjaan yang dikerjakan bisa terselesaikan dengan baik dan benar.

kepemimpinan situasional

Situasi yang biasa terjadi adalah anggota tim memiliki kompetensi yang tinggi namun enggan untuk melakukan pekerjaan tersebut atau merasa pekerjaan tersebut tidak aman untuk dilakukan. Dalam hal ini pemimpin dituntut untuk meminta anggota tim agar bekerja sama dengan rekan lainnya dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Bukan hanya meminta untuk bekerja sama namun tetap memberikan motivasi agar mereka dengan percaya diri menyelesaikan pekerjaan atau tugas tersebut.

kepemimpinan situasional

Pada situasi ini anggota tim memiliki kompetensi tinggi untuk melaksanakan tugas sehingga pemimpin dengan “santai” mendelegasikan tugas kepada anggota tim tersebut. Namun bukan hanya sekedar mendelegasikan tugas saja kepada mereka, pemimpin juga harus memberikan motivasi atau dukungan sederhana kepada anggota tim sehingga hubungan antara pemimpin dan anggota tim tetap tinggi dan hangat.

“A leader is a dealer in hope” – Napoleon


Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id