Tingkatkan Kepuasan Customer Melalui Design Thinking Training

design thinking and brainstorming

Di pasar saat ini, kepuasan pelanggan menjadi hal yang paling penting bagi keberlangsungan perusahaan. Hal ini telah membuat design thinking semakin populer dan telah banyak perusahaan yang menyelenggarakan design thinking training pada karyawannya. Design thinking menempatkan pelanggan sebagai pusat dalam proses pemecahan masalah, yang memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan serta harapan pelanggan. Karyawan perlu memiliki keterampilan design thinking sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pengembangan SDM yang baik di perusahaan. Lalu, apa sebenarnya design thinking itu? Dan bagaimana caranya untuk meningkatkannya?

Apa Itu Design Thinking Beserta Manfaatnya?

Design Thinking menerapkan pendekatan untuk memecahkan masalah yang kompleks dengan menemukan solusi inovatif dan kreatif. Pendekatan ini berfokus pada pemahaman terhadap kebutuhan dan pengalaman manusia yang akan menggunakan solusi tersebut, sehingga mendapat reputasi sebagai metode yang berpusat pada manusia (human-centric).

Dalam pendekatan ini, memiliki pola pikir yang ingin tahu, empati, dan keterbukaan sangat penting. Para desainer mendekati masalah dengan pola pikir yang terbuka untuk memahami sudut pandang yang beragam. Mereka secara aktif mendengarkan kebutuhan dan harapan pelanggan untuk mendapatkan informasi yang menjadi dasar dalam menghasilkan wawasan dan ide yang mengarah pada solusi inovatif. Pola pikir design thinking memiliki beragam manfaat lainnya. Penasaran? Mari kita cek di bawah ini!

1. Meningkatkan Ketangkasan (agility)

Dalam era perkembangan teknologi yang cepat, perubahan pasar yang dinamis, dan pergeseran perilaku konsumen, organisasi harus memiliki ketangkasan dan kemampuan adaptasi yang tinggi. Dengan demikian, mereka dapat menjaga relevansi mereka di pasar yang selalu berubah. Design Thinking menjadi alat yang efektif bagi perusahaan dalam proses ini, memungkinkan mereka dengan cepat mengulang dan menguji berbagai solusi. Selain itu, design thinking juga memungkinkan mereka untuk segera merespons perubahan di pasar dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik.

2. Mengatasi Tantangan

Design Thinking memainkan peran penting dalam membantu organisasi mengembangkan pendekatan yang terstruktur untuk mengatasi tantangan. Dengan pendekatan ini, perusahaan dapat lebih mudah mengidentifikasi akar penyebab masalah, menjelajahi berbagai solusi yang beragam, dan dengan cepat menguji ide-ide tersebut. Melalui design thinking training, perusahaan dapat meningkatkan pendekatan ini untuk membantu mereka menghindari biaya yang tinggi karena kesalahan dan menghasilkan solusi yang efektif dan efisien.

3. Mendorong Keberlanjutan (sustainability)

Design Thinking memainkan peran besar dalam membantu perusahaan menciptakan solusi berkelanjutan yang memperhatikan dampak terhadap lingkungan dan masyarakat. Hal ini menjadi sangat penting bagi bisnis yang ingin tetap relevan di tengah lingkungan yang selalu berubah. Design thinking training menjadi metode yang efektif untuk mengintegrasikan konsep-konsep berkelanjutan ini ke dalam budaya perusahaan dengan lebih baik.

Design Thinking Training

pelatihan design thinking MDI

Salah satu cara cepat untuk meningkatkan kemampuan design thinking adalah melalui pelatihan atau training design thinking. Dalam design thinking training, para peserta atau karyawan akan mendapatkan panduan langsung dari beragam ahli di bidangnya. Seperti MDI Tack yang telah mengadakan design thinking training untuk salah satu perusahaan farmasi terkemuka di dunia pada bulan September 2023, yang dilakukan secara online di salah satu cabangnya di Thailand. MDI Tack sendiri merupakan lembaga penyedia jasa training yang telah hadir selama lebih dari 20 tahun di Indonesia.

Dalam pelatihan ini, MDI bertujuan untuk mengubah pola pikir dan keterampilan para peserta agar dapat diterapkan langsung dalam pekerjaan mereka. Melalui design thinking training, para peserta atau karyawan akan memulai pembelajaran dari dasar dan konsep-konsep penting dalam design thinking. Selain itu, mereka juga akan dibimbing oleh para ahli tentang bagaimana mengaplikasikan design thinking dengan sudut pandang pelanggan atau customer-centric. Ini dilakukan sebagai cara untuk mengatasi masalah dan memberikan solusi yang efektif, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Bagaimana? Tertarik untuk mengikuti design thinking training dalam rangka pengembangan SDM perusahaan Anda? Segera hubungi kami dan rencanakan pelatihan karyawan terbaik bagi perusahaan Anda bersama MDI Tack!


Penulis: Luffi Hanifah (21/9/2023)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *