Email adalah salah satu hal yang merevolusi cara kita berkomunikasi dengan orang lain. Baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Teknik negosiasi penjualanpun sekarang sering terjadi melalui media email, atau paling tidak menjadi salah satu cara untuk menutup sebuah penjualan. Baik itu penjualan yang nilainya ratusan ribu rupiah sampai dengan ratusan ribu dollar. Semua dilakukan melalui ujung jari.
Hubungan para tenaga penjualan dengan email ini bisa diibaratkan seperti hubungan yang tidak bisa dipisahkan walaupun terkadang keduanya tidak benar-benar saling bergantung. Terkadang, kita sangat senang dengan efektivitas dari sebuah email. Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa kita bisa kehilangan potensi penjualan sampai dengan 50% ketika negosasi penjualan dilakukan melalui email dibandingkan dengan negosiasi tatap muka secara langsung.
Ketergantungan individu dengan teknologi semakin menguat dari hari ke hari. Dan hubungan antara email dan penjualan menjadi hubungan yang tidak dapat dipisahkan dan tingkat ketergantungan menjadi semakin tinggi.
Berikut beberapa tips negosiasi efektif melalui email yang bisa Anda gunakan untuk memperbesar kemungkinan mendapatkan kesepakatan bisnis :
Email memiliki keterbatasan nilai pagi para tenaga penjual dalam bernegosiasi
Fakta bahwa email seringkali dipahami secara berbeda dan menimbulkan multitafsir seringkali menjadi penyebab gagalnya sebuah kesepakatan bisnis. Pastikan calon pembeli Anda memahami dengan benar mengenai informasi yang Anda sampaikan.
Pilihlah judul email dengan cermat
Judul email menjadi kesan pertama yang akan menentukan langkah berikutnya bagi pera pembeli. Pastikan judul email benar-benar merefleksikan isi dari email penawaran. Pastikan juga Anda menggunakan judul email yang umumnya digunakan lengkap dengan Nama Anda atau organiasi yang Anda wakili. Ini memudahkan calon pembeli untuk me-recall ingatan mereka tentang Anda ketika mereka memang benar-benar membutuhkan pelayanan Anda.
Buat email Anda lebih terstruktur
Email yang panjang, terlalu banyak basa-basi akan membuat calon pembeli Anda menjadi bingung. Waktu adalah sesuatu yang sanat bernilai bagi semua orang. Struktur yang jelas akan membantu calon pembeli untuk memahami alur negosiasi dan menghemat banyak waktu mereka untuk mengambil keputusan.
Belajar untuk merengkuh pembeli melalui pembicaraan
Negosiasi penjualan adalah mengenai dialog dan pembicaraan. Untuk mendapatkan kesepakatan bisnis, membutuhkan pembicaraan panjang dan diskusi. Pastikan Anda paham apa yang mereka inginkan sebelum Anda memutuskan mengirimkan mereka data-data besar dan informasi yang mungkin sebenarnya tidak mereka perlukan.
Baca juga: Teknik Meningkatkan Komunikasi
Buatlah pertukaran yang saling menguntungkan
Pastikan pertukaran yang dilakukan menguntungkan kedua belah pihak. Secara umum, dalam konsep negosiasi, kita menukarkan hal yang nilainya kecil bagi kita namun besar bagi pembeli kita. Buat mereka merasa bahwa apa yang mereka dapatkan adalah buah dari upaya mereka mendapatkan apa yang mereka ingingkan. Tentunya, tanpa mengorbankan kepentingan Anda.
Email hanyalah salah satu cara berkomunikasi dalam bisnis yang sering digunakan. Dengan belajar dan berlatih menggunakan email secara efektif dengan segala keterbatasan yang dimiliki, gunakan email menjadi kekuatan dan dalam menutup penjualan dan mencapai kesepakatan bisnis yang menguntungkan kedua belah pihak.
MDI News No. 223/XXII/Maret 2016
Untuk informasi dan jadwal leadership training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id