Lead Change In Business Deal

lead change in business deal

Merubah beberapa cara yang biasa kita gunakan di dalam mencapai kesepakatan bisnis adalah salah satu langkah yang harus kita telaah sebelum memasuki tahun yang baru. Sebagai seorang pemimpin dibutuhkan keahlian dalam topik tertentu agar bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Hal ini bisa menjadi taktik yang efektif dalam sebuah situasi yang tepat.

Cara sebaliknya yang juga sama efektifnya adalah dengan membuat pihak lawan bicara sebagai seseorang yang ahli dan paksa lawan untuk mengontrol diskusi. Beberapa hal di bawah ini dapat membantu Anda untuk memimpin perubahan di dalam mencapai kesepakatan di dalam bisnis (lead change in bussiness deal) :

Temukan Kesamaan

Sebagai seorang pemimpin yang memimpin perubahan sepertinya akan mendapatkan hasil yang memuaskan jika Anda dan pihak lain mengatur tahap untuk kesepakatan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memutuskan hasil apa yang membuat kedua pihak menjadi memiliki kesamaan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain: kedua pihak sama-sama ingin mencapai kata sepakat, kedua pihak sama-sama ingin menyelesaikan kesepakatan bisnis sesuai jadwal dan sama-sama menguntungkan. Hal-hal positif ini adalah bagian dari target dan tujuan Anda. Kemukakan hal ini semenjak awal mengadakan kesepakatan bisnis dan gunakan hal ini sebagai rujukan selama proses berjalan. Ubah cara kita dengan mengenal dan menemukan kesamaan yang dimiliki kedua pihak sebelum memulai kesepakatan bisnis.

Tentukan Batas Waktu

Pastikan bahwa Anda sudah tahu kapan batas waktu terakhir untuk menyelesaikan kesepakatan. Deadline bisa ditentukan secara external (misalnya oleh deadline pemerintah yang menentukan batas waktu pembayaran pajak) maupun internal (ditentukan oleh kedua belah pihak).

Deadline juga bisa ditentukan oleh kedua belah pihak saat mereka ingin memberikan tekanan pada diri masing-masing agar bisa menghasilkan kesapakatan secepat mungkin. Sebuah deadline bisa membantu anda untuk menghasilkan kesepakatan yang sebaik mungkin dalam waktu yang sesingkat mungkin, tapi juga bisa menjadi musuh anda jika anda menetapkan deadline yang tidak realistis atau gagal membuat rencana untuk menepatinya.

Gunakan ‘Kacamata’ yang Berbeda

Pastikan Anda sebagai pemimpin di dalam memimpin perubahan ini tahu kelebihan dan kelemahan lawan bicara.
Hal ini akan menciptakan perubahan di dalam cara kita melihat juga kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh pihak lain.

Seringkali kita lupa bahwa untuk bernegosiasi dari sebuah posisi diperlukan perubahan untuk melihat dari sisi di mana kita dapat memanfaatkan kelebihan lawan bicara dan ini biasanya berarti Anda sebagai pemimpin harus memiliki semua informasi yang benar.

Dengan memiliki target yang jelas dan semua informasi yang anda butuhkan untuk memperkuat posisinya, tapi juga harus ingat bahwa kedua belah pihak masing-masing mempunyai kelemahan dan kelebihan.

Adakan Rapat

Rapat seringkali kurang dapat dimanfaatkan oleh kedua belah pihak baik seorang pemimpin yang memimpin kesepakatan maupun lawan bicara. Lakukan perubahan besar dengan memanfaatkan peluang untuk mengadakan rapat dengan tujuan tertentu.
Contoh: Anda dapat memanggil anggota team untuk rehat sejenak dan meninggalkan meja kesepakatan bisnis untuk berbicara secara tertutup. Ada banyak cara untuk memanfaatkan strategi ini.

Jika proses kesepakatan bisnis sepertinya macet, mintalah waktu untuk mengadakan rapat agar kedua belah pihak punya waktu mencari solusi baru untuk membuat kesepakatan bisa terus berjalan, tanpa mengungkapkan ide-ide mereka pada pihak lain.

Jika tibatiba arah kesepakatan bisnis melenceng ke arah yang tidak di duga, maka dengan mengadakan rapat itu memberikan peluang pada masing-masing pihak untuk mengetahui kembali dimana posisi mereka dan menentukan apakah semua orang yang terlibat setuju bahwa mereka seharusnya tetap menuju ke arah tersebut.

Gunakan informasi-informasi yang ada di atas dan Anda sebagai seorang pemimpin akan siap untuk dapat melakukan perubahan di dalam mencapai kesepakatan bisnis dan menetralisir efek-efek di dalam mencapai target Anda di tahun mendatang.


MDI News No. 208/XX/Desember 2014

Untuk informasi dan jadwal leadership training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id