[av_textblock size=” font_color=” color=” av_uid=’av-jk1kb0′]
Kunci Memberikan Pelayanan Terbaik
[/av_textblock]
[av_image src=’http://test3.mditack.co.id/wp-content/uploads/2017/01/451-300×135.jpg’ attachment=’2640′ attachment_size=’medium’ align=’center’ styling=” hover=” link=” target=” caption=” font_size=” appearance=” overlay_opacity=’0.4′ overlay_color=’#000000′ overlay_text_color=’#ffffff’ animation=’no-animation’ av_uid=’av-1r77wc’][/av_image]
[av_one_full first min_height=” vertical_alignment=” space=” custom_margin=” margin=’0px’ padding=’0px’ border=” border_color=” radius=’0px’ background_color=” src=” background_position=’top left’ background_repeat=’no-repeat’ animation=” av_uid=’av-fdv6oc’]
[av_textblock size=” font_color=” color=” av_uid=’av-e7vwt8′]
Selain dituntut bagaimana memberikan produk yang bagus dan berkualitas tapi terjangkau, kita juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang WOW. Kunci memberikan pelayanan terbaik sangatlah mudah untuk diterapi. Temuan Michael Leboeuf dalam How to win customers and keep them for life (2000) bahwa customer tidak akan kembali karena beberapa hal berikut ini:
• 1% meninggal
• 3% pindah
• 68% berhenti karena perilaku yang tidak menyenangkan kepada pelanggan yang dilakukan oleh staff
• 14% tidak puas karena produk
• 9% karena alasan kompetitif
Ternyata hal terbesar yang membuat pelanggan tidak kembali adalah kita sendiri, orang yang pertama bertemu dengan pelanggan. Artinya, sebagus apapun produk atau jasa yang kita jual jika perilaku kita dalam memberikan pelayanan tidak membuat hati pelanggan senang, bisa jadi mereka tidak akan kembali kepada bisnis kita. Nah, lantas bagaimana menjadi seorang customer service yang baik dan disukai pelanggan? Simaklah beberapa tips singkat agar kita dapat memberikan pelayanan pelanggan yang terbaik:
[/av_textblock]
[/av_one_full]
[av_section min_height=” min_height_px=’500px’ padding=’default’ shadow=’no-shadow’ bottom_border=’no-border-styling’ id=” color=’main_color’ custom_bg=’#af1313′ src=” attachment=” attachment_size=” attach=’scroll’ position=’top left’ repeat=’no-repeat’ video=” video_ratio=’16:9′ overlay_opacity=’0.5′ overlay_color=” overlay_pattern=” overlay_custom_pattern=” av_uid=’av-1bd37g’]
[av_one_full first min_height=” vertical_alignment=” space=” custom_margin=” margin=’0px’ padding=’0px’ border=” border_color=” radius=’0px’ background_color=” src=” background_position=’top left’ background_repeat=’no-repeat’ animation=” av_uid=’av-abcywc’]
[av_textblock size=” font_color=’custom’ color=’#ffffff’ av_uid=’av-9lwosc’]
1. Cepat dan tepat
Apapun produk atau jasa yang ditawarkan, sebagai seorang customer service salah satu keahlian yang harus dimiliki adalah komunikasi. Beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah bahasa yang digunakan. Perhatikan sususan bahasa baik secara lisan maupun tulisan dan pastikan Anda terdengar ramah, sopan, dan jelas.
Hasil pada akhirnya adalah informasi atau solusi dan keluhan pelanggan dapat diinformasikan dan diatasi dengan dengan baik dan tepat. Alangkah sayangnya apabila kita sudah pandai berkomunikasi namun kita tidak menguasi produk yang kita jual. Hindari keraguan yang akan timbul pada pelanggan akan kualitas barang yang kita pasarkan. Baca: Cara Menjual Sisir Kepada Biksu
Salah satu hal penting lainnya adalah ingat bahwa tetap beberapa pelanggan memiliki keinginan untuk mendapatkan pelayanan secara tepat dan cepat. Perhatikan bagaimana cara dan waktu yang kita gunakan baik dalam memberikan informasi atau menyelesaikan suatu masalah. Perlu disadari bahwa sekarang sering kita lihat tren yang terjadi adalah banyak pelanggan menggunakan jasa instant seperti drive-thru, delivery order maupun jasa layanan antar dari transportasi (gojek atau grabbike) yang hanya akan memerlukan aplikasi khusus untuk memesan barang maupun jasa dan dalam hitungan menit produk yang Anda inginkan sudah dapat Anda nikmati. Baca: Pelatihan Karyawan Untuk Strategi Penjualan
[/av_textblock]
[av_hr class=’default’ height=’50’ shadow=’no-shadow’ position=’center’ custom_border=’av-border-thin’ custom_width=’50px’ custom_border_color=” custom_margin_top=’30px’ custom_margin_bottom=’30px’ icon_select=’yes’ custom_icon_color=” icon=’ue808′ av_uid=’av-7b0xnw’]
[av_textblock size=” av-medium-font-size=” av-small-font-size=” av-mini-font-size=” font_color=’custom’ color=’#ffffff’ id=” custom_class=” av_uid=’av-587e2k’ admin_preview_bg=”]
2. Konsisten
Kemampuan untuk meyakinkan pelanggan harus dimiliki oleh setiap customer service. Tentunya cara meyakinkan tersebut harus disertai dengan berbagai argumen yang dapat diterima akal sehat. Selain itu, seorang customer service yang baik juga harus mampu melayani pelanggan hingga mereka merasa senang dan puas karena kebutuhan mereka telah terpenuhi.
Setiap customer service wajib melakukan pelayanan pelanggan mengikuti standar pelayanan yang telah disepakati dan ditetapkan oleh perusahaan. Selain standar yang sudah ditetapkan yang harus diikuti ingatlah bahwa untuk menjaga nilai dari pelayanan pelanggan kita harus menjaga konsistensi. Hal ini sangat penting karena kita harus menjaga brand image dari Perusahaan. Baca: Berguru Tentang Customer Service dari Tempat Spa
[/av_textblock]
[/av_one_full]
[/av_section]
[av_one_full first min_height=” vertical_alignment=” space=” custom_margin=” margin=’0px’ padding=’0px’ border=” border_color=” radius=’0px’ background_color=” src=” background_position=’top left’ background_repeat=’no-repeat’ animation=” av_uid=’av-3mvcik’]
[av_textblock size=” av-medium-font-size=” av-small-font-size=” av-mini-font-size=” font_color=” color=” id=” custom_class=” av_uid=’av-205d4c’ admin_preview_bg=”]
Ingatlah, jika kita mampu memberikan pelayanan pelanggan dengan baik, tanpa memandang siapa dan darimana mereka berasal, maka secara otomatis pelanggan akan menceritakan pengalamannya kepada orang lain di sekitarnya. Hal ini akan menjadi cara pemasaran termurah dan berbagi pengalaman dengan pelanggan yang lain. Satu hal terakhir yang perlu kita ingat adalah pada saat melakukan pelayanan pelanggan hendaknya dilakukan dari hati dengan tulus.. Semoga bermanfaat!
MDI News No. 218/XXI/Oktober 2015
Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-66690778 atau kirimkan email ke info@mditack.co.id
[/av_textblock]
[/av_one_full]
