Coaching ? Apakah Penting ?

coaching

Apakah Anda ingin memulai bisnis menjadi seorang coach yang berserivikasi internasional? Apakah Anda ingin memiliki tim yang lebih proaktif? Apakah Anda ingin membawa kualitas diri dan tim Anda ke tingkat berikutnya? Apakah Anda siap untuk menjadi coach yang efektif bagi diri Anda sendiri, keluaga, klien maupun tim Anda?

Dalam sepuluh tahun terakhir ini, Coaching telah menjadi suatu disiplin yang berkembang pesat di negara-negara maju karena keefektifannya dalam meningkatkan performa dan menciptakan transformasi diri maupun orang lain.

Apa itu Coaching dan mengapa Coaching itu penting?

Pada dasarnya kata “Coaching” merupakan proses membawa seseorang dari suatu tempat yang sekarang menuju ke tempat yang diinginkan. Untuk mendapatkan keadaan yang diinginkan, seseorang memerlukan beberapa sumber daya penting (Resources). Dan salah satu sumber daya tersebut adalah peran seorang coach yang bisa lebih obyektif dalam menilai, memperjelas sasaran dan membantu klien keluar dari persoalan-persoalan yang ruwet.

Seorang coach yang terampil berperan penting sekali dalam proses menyukseskan dan mentransformasikan seseorang, baik dalam kehidupan pribadi, maupun kehidupan profesional dengan waktu yang jauh lebih singkat daripada pengembangan diri tanpa peran seorang coach.

Apa kelebihan-kelebihan coaching dibandingkan dengan Training, Mentoring, Counseling, Therapy?

Pada umumnya, proses individual coaching dimulai dengan memberikan training terlebih dahulu. Training bertujuan untuk mengajarkan beberapa set pengetahuan dan ketrampilan untuk tingkat tertentu kepada satu orang atau lebih pada waktu bersamaan. Akan tetapi keterbatasannya adalah setiap individu yang mempunyai persoalan yang unik dan hal ini hanya bisa diselesaikan dengan pendekatan Mentoring, Consulting, Counseling, atau bahkan Therapy.

Seorang mentor, pada umumnya adalah seseorang yang sudah berpengalaman penuh dan teruji. Proses mentoring biasanya dilakukan dengan cara menempatkan waktu mentee menyaksikan cara kerja mentornya sebaik mungkin dan mengajukan banyak pertanyaan. Kelemahannya adalah tidak semua mentor memiliki waktu, dan bisa mengajarkan apa yang membuatnya kompeten dalam hal-hal tertentu, karena seorang mentor adalah orang yang terlatih dalam bidangnya, dan dia tidak terlatih bagaimana menurunkan kompetensinya. Seorang mentor biasanya tidak terlatih untuk memberikan counseling dengan efektif dan efisien.

Proses counseling dilakukan karena seorang individu memiliki masalah konflik dalam pikiran dan perasaannya atau dengan orang lain yang menyebabkan turunnya kualitas performa atau produktifitas. Tentu saja, hal ini tidak bisa diselesaikan oleh training, mentoring, consulting (memberikan saran-saran). Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, maka seseorang akan mendapatkan penyakit-penyakit psikosomatis yang bisa mematikan seperti kanker.

Adakalanya, masalah yang dihadapi oleh seseorang sudah cukup mengacaukan pikiran dan perasaan secara lebih mendalam, dan situasi ini perlu melibatkan therapy. Tentu saja, jika kekacauan emosi dan pikiran sudah sangat mendalam, maka orang tersebut tidak akan bisa berada ditempat kerja lagi, alias perlu diberikan therapy setiap harinya. Selebihnya, coaching dengan NLP bisa mencakup training, mentoring, counselling, dan therapy.

Meta – Coaching memfasilitasikan Anda untuk mampu:

• Berpikir untuk diri Anda sendiri dan memaksimalkan cara kerja otak Anda dan berpikir secara efektif.
• Menyelesaikan masalah Anda sendiri dan mengembangkan potensi berpikir secara kritis.
• Mengembangkan kreativitas Anda untuk berinovasi pada hal-hal baru.
• Bertanggung jawab terhadap tindakan Anda sendiri dan menjadi pro-aktif dalam mengambil inisiatif.
• Mau menghadapi masalah ketika masalah itu muncul.
• Mengembangkan kekuatan pribadi Anda.


MDI News No. 200/XX/April 2014

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id