mulutmu harimaumu

Berdirilah di sebuah bukit dan berteriaklah, dengarkan gaungnya. Anda tidak akan bisa menghentikan gaungnya

Komunikasi adalah sebuah senjata yang dapat menguntungkan atau merugikan. Ketika seseorang mengirimkan pesan atau makna dalam komunikasi pihak penerima dapat menangkap ataupun mengerti isi pesan tersebut. Sehingga apa yang kita komunikasikan sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu.

Sering kita mendengar peribahasa “Mulutmu adalah harimaumu” artinya adalah seseorang bisa selamat atau celaka karena ucapannya, sehingga sebaiknya kita berhati-hati dalam menyampaikan pesan. Setiap harinya triliunan pesan dikirimkan dalam berbagai bentuk dan kita sudah tidak bisa lagi dengan mudah mengidentifikasi mana yang baik dari isi pesan tersebut dan mana yang buruk. Mana yang benar dan mana yang salah.

Kemampuan untuk mengelola informasi yang kita dapatkan adalah kemampuan yang sangat berharga. Banyaknya bentuk komunikasi sekarang ini yang dapat menyesatkan karena ketidak absahan dari isi komunikasi tersebut. Sehingga kita mesti mampu melaksanakan tugas dengan baik dalam mengelola baik informasi yang kita terima ataupun yang kita

mulutmu harimaumu

Bagaimana mengirim pesan

Mari kita fokus pada apa yang ingin kita terima. Banyak orang yang lepas dari tujuannya ketika seseorang berkomunikasi sehari-hari padahal seorang komunikator yang baik akan menjaga cara dia berkomunikasi karena ada tujuan yang ingin dicapainya dari komunikasi tersebut. Jadi tetaplah pada tujuan ketika anda berkomunikasi, persiapkan komunikasi tersebut agar dapat mencapai tujuannya. Tetaplah pada isi yang mesti dikomunikasikan. Dan pikirkan bagaimana cara terbaik anda akan menyampaikan pesan tersebut.

mulutmu harimaumu

Bagaimana menerima pesan

Mengingat informasi itu adalah proses dua arah sehingga selain kita mengirimkan pesan kita juga menerima pesan tersebut. Tidak semua pesan itu sesuai dengan apa yang ingin kita terima. Apa yang bisa kita lakukan ketika kita menerima pesan.

Baca: Teknik Meningkatkan Komunikasi

mulutmu harimaumu

Open minded

Tidak berasumsi ketika kita mendapatkan sebuah pesan dan cobalah untuk membaca keseluruhan isi pesan.
Baca atau dengarkan dengan seksama tanpa menaruh label atau asumsi Anda ketika menerima pesan tersebut.
Catatlah bila perlu untuk bisa mengingat semuanya.

Baca juga: Jadilah Pendengar Aktif

mulutmu harimaumu

Selection

Periksalah kebenaran fakta tersebut dan sesuaikan dengan tujuan Anda apakah pesan yang Anda dapatkan dapat berguna buat Anda dalam bentuk apapun.

mulutmu harimaumu

Remember

Ingat poin-poin penting dan gunakan waktu Anda untuk merencanakan apa yang harus dilakukan dengan informasi yang Anda dapatkan.

mulutmu harimaumu

Confirm

Konfirmasikan pesan yang anda sudah terima jangan sampai ada yang terlewat atau ada kesalah pahaman yang terjadi. Ini sangat rentan terjadi sehingga pastikan semua sudah jelas sebelum Anda memutuskan tindakan selanjutnya. Silahkan mencoba dan rasakan bedanya.

MDI News No. 202/XX/Juni 2014

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id