Creating An Atmosphere And Context For Change
Cara yang terbaik untuk membuat ruang untuk perubahan dapat terjadi adalah menciptakan ruang untuk perubahan itu sendiri. Bagaimana anak buah dapat dengan ‘aman’ dan nyaman di dalam mempelajari keahlian-keahlian baru maupun mengambil resiko sangat penting di dalam berubah?
Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan atmosfir di dalam bekerja (creating an atmosphere and context for change) :
Kualitas atau performa kinerja kerja dari seseorang dipengaruhi oleh hubungan yang dimiliki dengan atasan mereka. Hal ini menjadi mungkin apabila ada atmosfir yang diciptakan secara positif oleh manajer dan anak buah dengan menyediakan waktu satu dengan yang lain untuk lebih mengenal dan terhubung erat.
Di beberapa situasi dimana resiko kegagalan tidak terlalu tinggi, segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangan atau pertumbuhan atau menyesuaikan dengan sesuatu hal dimana kita hanya terbatas dengan pilihan-pilihan yang ada (contohnya: pekerjaan yang berubah dimana mau tidak mau kita harus dapat menerimanya?) Maka biasanya di perusahaan dimana didominasi oleh cara berfikir yang pesimis maka akan dapat menular dengan mudah sehingga akan membuat anak buah tidak bersemangat dan kecewa pada akhirnya. Aspek-aspek yang harus dapat difikirkan di dalam bekerja adalah:
a. Melihat masalah sebagai hal yang sementara dan pasti ada pemecahan masalahnya.
b. Melihat masalah secara optimis dan tidak terlalu rumit dan melebih-lebihkan.
Cara lain untuk untuk meningkatkan rasio dari pemikiran yang tadinya negatif menjadi positif adalah dengan mengurangi jumlah dari negatifitas dan kuatir kita. Salah satu caranya adalah dengan mendorong anak buah untuk melakukan perubahan dan perbedaan antara hal-hal yang dapat mereka kontrol dan yang tidak dapat mereka kontrol.
Hal ini akan membuat anak buah lebih produktif dan memfokuskan energi mereka dan perhatian kepada hal-hal yang ada di sekitar lingkaran pengaruh mereka.
Setiap anak buah yang melakukan perubahan di dalam cara berfikir mereka percaya bahwa kemampuan yang dapat meningkatkan dan mengembangkan diri.
Riset menunjukkan bahwa seseorang dengan cara berfikir yang bertumbuh cenderung untuk melakukan banyak hal lebih baik daripada seseorang yang hanya berfikir rata-rata. Beberapa cara seperti meningkatkan etos kerja dan menciptakan environment di mana bekerja akan menjadi ‘menyenangkan’ adalah hal yang sangat sederhana.
Contoh: gunakan kata-kata yang memberi dukungan dan gambar-gambar kreatif untuk meningkatkan pertumbuhan cara berfikir dengan menempelkan di dinding ruang bekerja Anda.
Cara lain yang lebih sederhana adalah juga dengan memberikan umpan balik kepada rekan kerja Anda secara berkala maupun kata-kata dukungan baik secara tertulis maupun lisan.
Baca juga: Mengembangkan Potensi Diri
MDI News No. 208/XX/Desember 2014
Untuk informasi dan jadwal pelatihan kepemimpinan lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-66690778 atau kirimkan email ke info@mditack.co.id