Praise At Work

praise at work

“Buat apa saya bekerja dari pagi sampai sore dan bekerja menghasilkan produk yang terbaik, namun apapun yang saya hasilkan dan lakukan tidak pernah dihargai….” Apakah Anda pernah mendengar perkataan ini di sekeliling Anda, atau mungkin Anda pernah mengalaminya juga? Pada waktu kecil, salah satu bentuk pendidikan moral yang diberikan oleh ibu kita adalah pendidikan sopan santun. Bagaimana kita dididik untuk berani mengucapkan kata-kata seperti: maaf, terima kasih, dan permisi. Seiring berjalannya waktu, dan mungkin dikarenakan banyaknya pengaruh dan juga kesibukan. Semua ini membuat kita hanya fokus kepada profesionalitas pekerjaan dan melupakan nilai-nilai manusiawi.

Kita mungkin berpikir, bahwa seorang pemimpin harus disegani dan tidak boleh terlalu bersahabat sehingga tidak direndahkan anak buah. Mungkin Anda juga sempat berpikir jika saya terlalu sering memuji kinerja baik seseorang, mereka akan menjadi malas karena sudah merasa hebat. Ariely et al (2008) pernah menunjukan bahwa faktanya, memberikan penghargaan kepada kinerja seseorang dan begitu pula dengan pujian dapat berpengaruh kepada kinerja baik pegawai. Ini menunjukan bahwa bersikap arogan dan ditakuti belum tentu dapat meningkatkan produktivitas, melainkan menjadi pemimpin yang mempedulikan anak buah dan menghargai jerih payah anak buah kemungkinan besar akan memotivasi mereka untuk bekerja sama dengan Anda.

Memberikan pujian adalah hal mudah dan tidak memakan banyak biaya dan bahkan gratis! Memberikan pujian dan ucapan terima kasih akan sangat dihargai dan mungkin rasa senang yang mereka rasakan akan lebih dari yang Anda bayangkan.

Berikut adalah contoh-contoh dalam memberikan pujian kepada bawahan Anda ( praise at work) :

praise at work

Jangan tunggu

Semakin panjang jenjang waktu yang merenggang antara performa dan pujian, maka akan semakin menurun efektifitas pujian Anda. Langsung berikan pujian di saat Anda tau bahwa mereka melakukan hal baik.

praise at work

Berikan pujian spesifik

Menjadi murah hati dan memuji pekerjaan secara umum bagus, tetapi memberikan pujian yang lebih spesifik adalah hal yang lebih baik lagi. Hal ini menunjukan bahwa Anda adalah seorang pemimpin yang sangat perhatian akan hal yang mereka lakukan.

praise at work

Berikan pujian yang tulus

Jangan memuji terlalu sering dan berlebihan lambat laun mereka akan sadar bahwa Anda mengucapkan pujian secara tidak tulus. Jadilah orang yang tulus, katakan dengan jelas hal baik yang mereka lakukan dan berikan pujian dengan senyuman. Gunakan selalu fakta yang ada di dalam memberikan pujian.

praise at work

Simpan feedback yang membangun di lain waktu

Berikan pujian di tempat umum sehingga mereka sangat merasa dihargai dan bangga, namun jangan beritahu kekuranganya di depan umum. Simpan constructive feedback di saat konsultasi privat.

MDI News No. 203/XX/Juli 2014

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id