coaching with feedback

Kebanyakan manager sadar bahwa salah satu cara untuk coaching anak buah akan berdampak besar dalam memastikan kesuksesan dari timnya. Sayangnya, pada saat waktu memberikan umpna balik, kebanyakan dari atasan tidak memahami bagaimana untuk melakukan coaching dengan tepat dan dengan sederhana memberikan tim mengembangkan anak buah. Hal ini tidak dapat disebut coaching karena sepertinya kurang efektif ataupun tidak dapat mencangkup masalah yang lebih dalam ataupun beberapa hal yang tidak berdasarkan fakta dan hanya satu arah. Coaching bukan hanya memberikan perintah tetapi juga umpan balik.

Pada saat coaching berlangsung, alangkah baiknya apabila kita mengerti bagaimana cara pberpikir dari rekan kerja kita untuk pekerjaan maupun karir mereka dan perasaan mereka mengenai organisasi dimana mereka bekerja. Hal ini membantu Anda untuk dapat terhubung dengan anggota tim Anda sebagai rekan dan dari organisasi dan akan membantu Anda untuk mengembangkan setiap kinerja masing-masing individual serta mengantisipasi beberapa permasalahan yang akan muncul.

Akan dibutuhkan waktu untuk mempraktekkan coaching yang tepat. Hal ini sangtalah penting untuk ditekuni karena salah satu cara yang berharga adalah pada saat Anda dapat menemukan cara-cara baru untuk memberikan umpan balik bagi anggota tim Anda. Berikut adalah beberapa tips guna mempermudah dalam melakukan coaching with feedback :

Waktu yang tepat

Kebanyakan dari kita telah menerima umpan balik baik yang membangun maupun kritik di beberapa waktu dari karir kita. Jadi apabila Anda bias memastikan waktu yang tepat untuk memberi masukan maka umpan balik adalah salah satu cara yang dapat menginspirasi. Hal ini juga dapat menstimulasi tim Anda untuk dapat mengembangkan keahlian baru maupun pengetahuan yang ada. Bagaimanapun, pada saat umpan balik disampaikan pada saat coaching dengan buruk maka hal tersebut akan berakibat negative, bahkan akan dapat mengurangi semangat dari karyawan tersebut untuk bekerja bahkan pada akhirnya mereka mungkin akan berhenti bekerja.

Kata-kata yang tepat

Dengan memilih kata-kata yang tepat dan merencanakannya sebelum memberikan umpan balik dalam coaching akan mempermudah proses berlangsungnya coaching. Hal ini bisa kita lakukan dengan membuat catatan kecil terlebih dahulu dan memberikannya kepada anak buah. Tanyakanlah pertanyaan-pertanyaan yang tepat agar anak buah dapat lebih terbuka.

Orang yang tepat

Dengan hubungan yang baik, maka coaching tidak hanya formalitas dilakukan dan tanpa adanya ‘hubungan’ baik. Perhatikan pada saat anak buah menerima umpan balik, apakah mereka sedang di dalam kondisi baik maupun kurang baik karena hal ini sangat berpengaruh di masa mendatang.

 

Baca juga Coaching, apakah penting?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *