Training Leadership Mengenai Pemimpin yang Berkolaborasi

pelatihan kepemimpinan

Perbedaan perilaku kerja Multi Generasi ini sangat mungkin menimbulkan konflik. Cara terbaik untuk menghindari konflik yang disebabkan oleh perbedaan generasi adalah saling memahami keunikan setiap generasi dan bagaimana keunikan tersebut mempengaruhi perilaku di tempat kerja.

Hal ini disebabkan karena masing-masing generasi memiliki perspektif yang berbeda tentang bagaimana seharusnya tempat kerja ideal. Generasi yang lahir jauh lebih dulu berbeda perspektifnya (harapan dan pengalaman) dengan generasi yang jauh lebih muda. Perbedaan harapan dan pengalaman ini kemudian terwujud dalam perilaku seseorang di tempat kerja.

Lalu hal apa yang dibutuhkan setiap Pemimpin di tengah-tengah perubahan yang ada? Tidak hanya diperlukan Emotional Intelligence (EI) maupun Intellectual Intelligence (IQ) pada era sekarang ini, namun juga diperlukan Multi Generational Intelligence (MI) atau yang lebih dapat kita ingat sebagai Kecerdasan Multi Generasi. Maka dibutuhkan sebuah pelatihan kepemimpinan atau training leadership yang dimana secara sederhana agar kita dapat berkolaborasi dan untuk meningkatkan kesuksesan Anda baik secara pribadi maupun secara hasil, berikut 3 cara tersebut :

Focus on the overall vision

Hal yang pertama harus dilakukan sebagai pemimpin yang mengkolaborasikan Multi Generasi ini adalah dengan berinisiatf pada awal diskusi untuk mengemukakan pendapat maupun harapan yang anda inginkan lalu bekerja sama dengan pemimpin-pemimpin lain yang ada dan memastikan tim anda menangkap ‘visi’. Hal ini dipastikan agar di masa depan dapat dilakukan pengembangan dan membagikannya kepada anggota tim yang lain secara antusias. [Baca: Training Leadership Mengenai Kepimpinan Situasional ]

berinovasi untuk memimpin
training leadership

Set clear structures and processes

Untuk dapat berkolaborasi dengan efektif diperlukan fondasi yang kuat di setiap pemimpin yang ada, yang berarti bahwa di dalam membangun visi dari setiap stakeholders (artinya adalah setiap pemimpin dan tim yang ada) diperlukan kesepakatan untuk sistem dan proses.

Cara lain dari kepemimpinan yang dilakukan adalah dengan memberikan instruksi satu arah terlebih dahulu secara jelas. Tantangannya dengan cara ini adalah dengan lingkungan kerja yang ada, Multi Generasi sekarang menggunakan cara yang berbeda-beda. [Baca: 4 Aturan Dalam Membuat Keputusan Sulit]

Contohnya beberapa sudah dapat beradaptasi dan menggunakan teknologi namun beberapa masih mengharuskan adanya rapat (bertemu muka) dan survei dengan cara manual untuk mendapatkan umpan balik dari setiap anggota tim yang ada.

Use a “WE” approach to create synergy

Jika Anda pernah melihat sebuah ajang malam penghargaan, perhatikan pada saat si penerima penghargaan itu menyampaikan pidato. Kebanyakan disampaikan pada awal pidato ucapan terima kasih untuk setiap orang yang membantu proses dimana penerima penghargaan itu mencapai suksesnya.

Kita tahu bahwa secara intelektual setiap individu meraih sukses tidak sendirian. Setiap pemimpin yang dapat mengkolaborasikan tim Multi Generasi individual dan kesuksesan tim secara merata. Cara lama yang biasa digunakan pemimpin yang lama adalah dengan menggunakan kekuatan yang ada dan memimpin tim menuju sukses. [Baca juga: Kisah Lilin dan Pemimpin ]

Maka dari itu setiap pemimpin membutuhkan Kecerdasan Multi Generasi untuk dapat meraih sinergi dari anggota tim dan anak buahnya. Jangan lupa di dalam hal ini tidak hanya Anda sebagai pemimpin yang memberikan instruksi namun juga turun ke lapangan dan turut bekerja.

training leadership

Demikianlah penjabaran mengenai materi training leadership mengenai cara menjadi pemimpin yang berkolaborasi. Dengan semua perubahan yang ada di lingkungan pekerjaan yang kita hadapi, kita sadari bahwa perubahan adalah salah satu bagian dari hidup kita yang harus kita pahami dan atasi. Garis bawahi bahwa di dalam mengatasinya kita tidak dapat bergerak sendiri. Sebagai pemimpin yang sukses diperlukan Kecerdasan Multi Generasi bukan hanya untuk menggerakkan tim Anda namun juga memimpin mereka di masa mendatang.

 

Materi training leadership lainnya bisa Anda lihat artikelnya di sini

MDI News No. 224/XXII/April 2016

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id