lead change in business deal

Merubah beberapa cara yang biasa kita gunakan di dalam mencapai kesepakatan bisnis adalah salah satu langkah yang harus kita telaah sebelum memasuki tahun yang baru. Sebagai seorang pemimpin dibutuhkan keahlian dalam topik tertentu agar bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Hal ini bisa menjadi taktik yang efektif dalam sebuah situasi yang tepat. Cara sebaliknya yang juga […]

coaching for result

GROW Coaching Model sudah teruji dan dicoba di beberapa arena bisnis, sehingga banyak juga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kelebihan GROW adalah suatu metodologi dengan cara yang efektif, terstruktur dengan baik, membantu menetapkan goal setting secara efektif dan juga suatu proses untuk pemecahan berbagai masalah. Apakah sebenarnya GROW itu? GROW adalah kependekan dari Goals Reality Options […]

create self confidence

Bagaimana membangun kepercayaan diri bagi employee? Dalam dunia kerja, tak jarang ada kecenderungan seorang SDM yang mempunyai tingkat kepercayaan diri yang rendah. Padahal dalam aktifitas dunia kerja, faktor kepercayaan diri memampukan SDM untuk melihat setiap situasi sebagai ajang dalam berperan dan berkontribusi. Dan bahkan mungkin tidak hanya itu, melainkan bisa meningkatkan produktifitas atau kinerja seorang […]

soft skill dalam selling

Bicara soft skills, pada umumnya orang mengganggap bahwa keterampilan ini merupakan sebuah kemampuan dalam mengelola kehidupan. Artinya dalam setiap aspek dinamika kehidupan kita, soft skills sangat berperan penting dalam menentukan keberhasilan. Baik itu di tempat kerja (komunikasi, tanggungjawab dan seterusnya), begitupun di dalam kehidupan pribadi kita. Secara teori soft skills mencakup kemampuan dan sifat manusia […]

hambatan coaching

Bukan suatu rahasia jika karyawan merupakan aset berharga bagi suatu perusahaan. Aset yang satu ini memang perlu perhatian dan pendekatan tersendiri mengelolanya. Selama ini apakah masih fokus untuk membuat karyawan nyaman bekerja, tidak cukup sekedar memberi gaji yang layak namun juga memberi perhatian atas setiap kesulitan mereka. Mencoba mengenal mereka secara personal dan membuat mereka […]

jadilah pendengar aktif untuk coaching efektif

Mendengar adalah salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki. Seberapa baik kita mendengar orang lain dalam setiap sesi coaching akan memberikan hasil yang efektif, juga dalam membangun hubungan yang berkualitas satu sama lain. Kita mendengarkan untuk menggali informasi, mengerti pokok permasalahan, belajar dan sekaligus menikmati pembicaraan. Lebih jelasnya kemampuan mendengar adalah sebuah keuntungan untuk lebih […]

the mourinho ways

Bicara coaching dalam dunia olahraga, banyak coach yang dianggap berprestasi, juga legendaris. Di dunia sepakbola, dalam sejarah panjang hampir seabad sepakbola modern, banyak pelatih hebat. Namun hari ini, mungkin pelatih yang oleh seluruh komunitas sepakbola dianggap sebagai tangan midas dalam dunia kulit bundar adalah The Special and Only One, Jose Mourinho. Berkaca dari seorang Jose […]

efek samping senyum anda

Senyum merupakan bagian yang terlepaskan dari service, bahkan dari beberapa pengalaman yang terjadi di beberapa perusahaan kadang sulit sekali untuk membuat budaya senyum di lingkungan pekerjaan, bahkan Anda perusahaan yang sengaja memberikan kelas khusus bagi pegawainya untuk bisa tersenyum dengan baik dan tulus. Padahal telah menjadi suatu fakta, bahwa senyuman memberi efek samping yang besar […]

membina hubungan antar manusia

Pernahkah Anda membayangkan hidup sendiri tanpa ada seorangpun yang bisa diajak berinteraksi? Pasti akan terasa sangat berat dan stres dalam menjalaninya bukan? Namun pada kenyataannya banyak manusia yang juga merasa berat dalam menjalani hidup ditengah masyarakat, hal ini bukan semata karna berada di lingkungan yang tidak baik namun lebih kepada bagaimana sikap Anda dalam menghadapi […]

penanganan keluhan

Tahukah Anda ternyata hal terbesar yang membuat pelanggan tidak kembali adalah perilaku kita, orang yang bertemu langsung dengan pelanggan? Artinya, sebagus apapun produk jasa yang kita jual jika perilaku kita dalam memberikan pelayanan tidak membuat hati pelanggan senang, bisa jadi mereka tidak akan kembali kepada bisnis kita. Sebaliknya, meskipun produk atau jasa yang kita jual […]