Cara Paling Efektif Memenangkan Hati Customer

Memenangkan hati customer merupakan cara yang perlu untuk dilakukan agar penjualan bisa terus naik dan bisnis pun bisa terus berkembang. Apalagi di situasi seperti sekarang ini. Sepertinya bukan perlu lagi, melainkan WAJIB bagi kita. 

Nah, berbicara mengenai hati customer, saya jadi teringat ketika saya berkunjung ke salah satu restoran cepat saji. Di situ saya melihat berbagai kelebihan yang ditawarkan. Contoh simpel, mereka memberikan minuman isi ulang sepuasnya. Dan itu GRATIS.

Sementara itu, pada saat musim Ayam Geprek, banyak sekali aya geprek yang lain bermunculan. Tapi ada satu merek yang menawarkan kelebihan: gratis nambah nasi sepuasnya.

Terlihat sangat WOW, bukan? Tapi kalau Anda pikir, sebanyak apa sih customer akan nambah nasi? Berapa puluh piring yang akan mampu dia habiskan. Begitu juga dengan minuman, berapa banyak gelas Lemon Tea yang mampu Anda minum?

Meski begitu, tidak ada yang salah dengan cara promosi tersebut. Tapi yang paling dan perlu untuk Anda ingat adalah respons dari customer terhadap apa yang ditawarkan di atas justru berbeda-beda. Customer dapat saja berbalik menjadi tidak puas. Dikarenakan segala proses yang berkaitan dengan pemilihan, permintaan dan pemenuhan kebutuhan tersebut justru mempersulit dirinya. Kalau begitu, apa yang harus dilakukan?

“Nilai tambah” yang dilupakan

Tanpa kita sadari, sebagai penyedia produk/ jasa, sesungguhnya yang diinginkan customer adalah ‘nilai tambah’. Yang dapat diberikan selama proses yang dijalani customer mulai dari proses pemilihan jasa yang kita tawarkan. Misalnya kemudahan untuk membandingkan produk satu dengan yang lainnya, hingga kemudahan dalam penggunaan produk/ jasa tersebut.

Dalam industri jasa sering kali kita temukan ‘keluhan-keluhan’ yang timbul. Akibat kurangnya kesadaran para owner atau pemilik usaha untuk mengusahakan nilai tambah bagi customernya. Misalnya, berapa banyak diantara kita yang membutuhkan waktu berjam-jam di rumah sakit. Atau Klinik hanya untuk berkonsultasi dengan dokter selama 10 menit? Ini saya alami sendiri. Ketika saya mengantarkan orang tua saya berobat, yang paling menjengkelkan adalah saya harus menunggu atau mengantri. Menunggu dokter yang seharusnya ada jam 10, ternyata baru datang jam 12. Sudah lelah dengan menunggu di awal, saya harus menunggu kembali untuk menebus obat.

Dalam hal lain, yang mungkin banyak kita rasakana juga adalah menunggu ketika di bengkel. Bahkan hanya untuk ganti oli yang dapat diselesaikan tidak sampai 20 menit.

Untuk itu, di dalam dunia jasa dan pelayanan, beberapa faktor yang harus diperhatikan kembali dalam memenangkan hati customer. Berikut ini adalah cara paling efektif memenangkan hati customer:

1. Menjaga kualitas produk

Jika Anda ingin memenangkan hati customer, maka Anda harus memperhatikan kualitas dari produk yang Anda jual. Dan ini adalah prinsip utama dalam penjualan. Sayangnya, ketika bicara tentang kualitas, banyak orang mengorbankan sisi yang lainnya. Contoh simpelnya dalam hal delivery. Secara kualitas, produk sudah tidak diragukan lagi. Tapi produk tidak diterima dengan cepat. Apalagi situasinya sekarang ini banyak customer melakukan pembelian dari rumah. Mereka berharap dalam satu atau dua hari bisa sampai. Tapi kenyataannya, tidak demikian, customer menunggu terlalu lama. Akibatnya, ketika produk Anda sudah sampai pada customer, yang terjadi adalah mereka tidak lagi membutuhkan produk tersebut. Tentu hal ini sangat perlu dihindari.

2. Mampu memberikan kenyamanan

Faktor kenyamanan sangat penting untuk Anda bisa perhatikan. Misalnya: tata letak dan fasilitas yang menunjang sistem pelayanan. Mempertimbangkan sisi ergonomis penggunaan peralatan/ fasilitas, sistem dokumentasi. Atau juga informasi, visualisasi prosedur pelayanan yang mudah dipahami.

3. Mampu meningkatkan pelayanan

Faktor kemampuan dalam memberikan pelayanan yang prima, sesuai yang telah dijanjikan, serta tingkat pengetahuan. Keterampilan dan sikap yang dimiliki dan diperlukan dalam memberikan pelayanan yang efektif, seperti: keramahan, empati dan respon yang cepat.

Itulah cara paling efektif memenangkan hati customer. Namun, Anda juga harus ingat bahwa industri yang mampu memenangkan hati customer adalah mereka yang mampu secara konsisten menjaga dan memberi nilai tambah bagi customernya dan senantiasa melakukan Continuous Improvement atau yang banyak dikenal dengan istilah Kaizen. Jika ini terjadi, maka Anda tidak perlu khawatir karena customer Anda akan menjaga hatinya untuk selalu loyal kepada produk yang Anda tawarkan.

Jika Anda ingin bisa lebih baik lagi dalam memenangkan hati customer, tentunya ada banyak skill yang perlu Anda kembangkan. Namun tenang saja, karena MDI Tack memiliki berbagai solusi untuk Anda bisa mengikuti pelatihan karyawan, mulai dari pelatihan online hingga pelatihan offline[]

 

Oleh: Arif Hidayat – Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *