Pelatihan Online itu Membosankan

Kenapa Pelatihan Online itu Membosankan? Sudah mulai banyak perusahaan melakukan kegiatan pelatihan karyawan dengan metode online. Sebuah pengalaman yang tentunya baru sehingga ada banyak kesan yang di rasakan oleh para peserta setelah mengikutinya.

Dari sisi pembicara, yang menjadi perhatian khusus adalah kekhawatiran pelatihan ini akan membosankan. Pelatihan offline yang notabene lebih mudah membangun “engagement” saja terkadang belum tentu tidak membosankan, apalagi pelatihan online yang dianggap minim interaksi.

Jika peserta anda menganggap yang diikuti itu membosankan. Maka percayalah mereka semua tidak akan mendapatkan manfaat maksimal dalam mengikutinya, sebagus apapun materi yang di sajikan.

Lalu hal apa yang akan membantu agar tidak membosankan? berikut beberapa ide yang dapat anda implementasikan. Inilah saatnya untuk mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kualitas pelatihan online yang akan anda selenggarakan.

Temukan “angle” yang membuat materi anda luar biasa.

Kata kunci nya adalah luar biasa. Lalu apa yang membuat pelatihan anda luar biasa?

Mengikuti pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan membutuhkan effort yang cukup besar. Oleh karena itu, peserta akan merasa tidak perlu terlalu berusaha. Untuk sesuatu yang mereka tidak memiliki alasan yang jelas untuk melakukannya.

Dari hal ini kita dapat memahami jika memberikan penjelasan kepada peserta mengenai apa yang akan mereka dapatkan. Dan bagiamana mereka nantinya dapat mentransfer hal-hal yang mereka pelajari ke dalam keseharian mereka menjadi sangat penting. Serta akan membuat training dengan metode online ini menjadi Luar Biasa .

Jadikan materi anda “easy-to-read”

Kemudahan untuk membaca dan memahami materi yang di sajikan harus menjadi elemen kunci untuk pelatihan online yang kita buat. Harus dirancang dengan perhatian yang cermat. Secara khusus, perhatian kita tertuju kepada konten yang mudah dibaca dan dipahami oleh peserta.

Kerap kali terjadi, pelatihan online di sajikan dengan tampilan layar yang terlalu penuh dengan kalimat dan kata-kata, atau justru bahkan hanya menampilkan gambar tanpa ada penjelasan profesional. Porsi tulisan dan gambar pada konten yang anda sajikan harus pas. Karena mengikuti pelatihan yang tidak mudah dibaca akan dirasa tidak berguna dan MEMBOSANKAN untuk DILAKUKAN.

“ I Feel You”

Bersikaplah empati dan mau “memanusiakan” peserta anda. Coba tempatkan posisi anda sebagai peserta, sertakan bagian-bagian yang bermanfaaat. Seperti perkiraan waktu membaca untuk suatu bagian, buat semuanya menyenangkan dan mudah di gunakan.

Pelatihan online yang baik adalah yang mampu mengelola waktu dengan baik. “Melacak” waktu memang membutuhkan sedikit “usaha”. Tetapi hal itu seringkali membantu kita untuk menghasilkan yang menyenangkan .

Pelatihan online dan pengembangan sdm dapat menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan, jika kita memahami hal-hal dasar yang dapat membantu menghasilkan pelatihan yang tidak membosankan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *