Mengkomunikasikan Nilai Perusahaan dengan Video Learning

Nilai perusahaan merupakan sebuah landasan di mana perusahaan itu berjalan. Nilai perusahaan akan terlihat dari budaya yang ada di dalam perubahaan tersebut. Budaya atau kebiasaan merupakan pengaruh yang besar terhadap kesuksesan perusahaan. Sayangnya kebiasaan/ budaya perusahaan adalah sesuatu yang tersirat, sehingga apabila tidak dirumuskan oleh manajemen perusahaan secara tepat, maka value suatu perusahaan bisa menjadi suatu hal yang semu.

Dampak nilai perusahaan yang semu diyakini akan sangat merugikan perusahaan. Dampak terbesar yang dirasakan adalah nilai perusahaan yang terlihat negatif. Tentu tidak ada Perusahaan yang ingin memiliki citra yang buruk namun,  citra perusahaan dapat dengan mudah ditafsirkan melalui budaya yang dianggap ada di perusahaan. Untuk dapat menghindari hal itu, tentunya management perusahaan harus dapat merumuskan dan mengampanyekan nilai perusahaan dengan baik agar menjadi budaya yang dijunjung setiap anggota dan memperlihatkan citra baik perusahaan di mata masyarakat.

Salah satu cara mengampanyekan nilai perusahaan adalah dengan Video Learning. Selain dapat menjadi salah satu media pelatihan karyawan. Video Learning juga dapat dijadikan media sosialisasi untuk membuat nilai yang dirumuskan perusahaan menjadi budaya di dalam perusahaan tersebut. Berikut adalah keuntungan menggunakan Video Learning sebagai media sosialisasi nilai perusahaan:

Mudah disebarkan

Video Learning nilai perusahaan dapat dengan mudah disebarkan, bukan hanya melaui platform internal peusahaan. Nilai perusahaan sebagai video dapat dilihat juga oleh masyarakat melalui platform umum, sehingga citra perusahaan dapat terbangun dengan baik. Contoh platform yang dapat digunakan: website perusahaan, platform umum (youtube/instagram), layar iklan yang ada di area perusahaan ataupun area umum lainnya.

Mencakup Banyak Audiens

Video Learning yang mudah disebarkan memberikan efek banyknya audiens yang dapat dijangkau. Semakin banyak audiens yang menyaksikan makan perusahaan bukan hanya akan semakin dikenal, namun juga semakin memiliki citra yang positif di mata masyarakat.

Upayakan untuk Spesifik

Selain merupakan metode yang dapat dengan mudah disebarkan, video learning nilai perusahaan dapat memiliki kualitas pembelajaran yang baik. Dalam video learning ini dapat digambarkan (role play) mengenai cara mengaplikasikan nilai perusahaan melalui kegiatan sehari-hari di kantor. Roleplay dalam video tentunya dapat membantu menyamakan pemahaman audiens mengenai suatu nilai.

Menggunakan video learning untuk menanamkan nilai perusahaan sebagai budaya yang rutin terjadi di keseharian staff dan menjadi citra baik bagi perusahaan memanglah sungguh efektif. Sayangnya tidak semua orang yang dapat membuat video dapat juga membuat video learning yang dengan baik dapat menggambarkan nilai yang perusahaan ingin terapkan. Namun, dengan pengalaman yang tinggi, Management Development International (MDI) dapat membantu merumuskan hingga memproduksi dan menjadikan nilai perusahaan Anda tergambarkan dengan baik melalui Video Learning yang dibuat bersama MDI.

 

Oleh: Clara Vina Mariana

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *