Cara Memimpin Bawahan Di Era Covid-19

Cara Memimpin Bawahan Di Era Covid-19. Ujian terberat seorang pemimpin tidak terjadi ketika semuanya berjalan lancar. Justru sebaliknya, kepemimpinan Anda justru diuji saat situasi sedang genting. Seperti yang terjadi saat ini, saat Covid-19 melanda negeri. Cara seorang pemimpin berperilaku dan bertindak saat Covid-19 seperti ini akan membangun kepercayaan pada mereka sebagai pemimpin yang baik.

Namun sayangnya, situasi yang buruk seperti ini tidak menyediakan manual praktis yang dapat membimbing seorang pemimpin untuk melalui situasi sulit. Bahkan, ganasnya Covid-19 ini juga tidak dapat diprediksi. Tidak ada yang tahu pasti berapa lama wabah yang muncul dari Wuhan ini akan berakhir.

Lalu bagaimana caranya memimpin bawahan di era Covid-19? Berikut ini adalah cara yang bisa kami bagikan kepada Anda:

  1. Tunjukkan kepercayaan diri Anda

Ini adalah salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan seorang pemimpin, terutama di saat seperti ini. Selama Covid-19 terjadi, sudah banyak perusahaan yang mulai menerapkan Work From Home (WFH). Sementara itu, banyak juga perusahaan yang belum bisa menerakan WFH karena satu dan lain hal.

Namun terlepas dari itu, setiap keputusan yang diambil haruslah mencerminkan kepercayaan diri seorang pemimpin. Jika seorang pemimpin menunjukkan ketakutan dan kegelisahan, kegelisahan itu menular ke orang lain, seperti Covid-19 yang cepat sekali penularannya. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi para pemimpin untuk terlihat seperti mereka adalah penguasa situasi. Kenapa? Karena saat ini, karyawan membutuhkan seseorang yang dapat mereka andalkan, bukan seseorang yang perlu diyakinkan.

  1. Berikan ketenangan

Sekalipun percaya diri adalah hal yang penting, tetapi itu bukanlah satu-satunya hal yang perlu ditunjukkan oleh seorang pemimpin. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk memberikan dorongan dan pernyata bahwa ‘semuanya akan segera berlalu. Semua akan baik-baik saja’.

Hal ini akan menjadi luar biasa bagi bawahan Anda. Meski begitu, Anda juga perlu mengingat agar jangan sampai melebih-lebihkan atau mengecilkan situasi Covid-19 ini.

  1. Tegas dan mudah beradaptasi

Ada beberapa situasi di mana para pemimpin seharusnya membuat keputusan cepat atau keputusan sulit. Covid-19 adalah salah satunya. Sebagai seorang pemimpin Anda harus dapat membuat keputusan dengan cepat, dan dalam beberapa kasus, mereka mungkin perlu membuat keputusan yang sulit, yang mereka tahu tidak akan memenangkan poin apa pun bagi mereka.

Jangan menghabiskan waktu hanya untuk merenungkan pro dan kontra dari suatu keputusan yang sudah Anda tetapkan. Jika memang keputusan itu sudah Anda ambil, Anda harus ambil tindakan yang tegas dan yang terbuka.

Meksipun terdengar arogan, justru hal ini diperlukan dan akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan pemimpin yang justru hanya memilih untuk menunggu tanpa mengambil tindakan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *