“Stay Positive” Rahasia Membina Hubungan Baik

membina hubungan baik

Stay positive, good thing will happen... Tidak dapat dipungkiri bahwa membina hubungan baik dalam dunia profesional atau dalam kehidupan personal, merupakan hal penting untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Pernahkah Anda mencoba membangun hubungan baik dengan rekan kerja atau dengan atasan namun mendapatkan respon dengan cara yang jauh dari harapan.

Kita memang tidak bisa meminta orang lain menjadi seperti yang kita inginkan, lalu apakah lantas kita menjadi stres dengan respon rekan kerja atau atasan kita ?

Dari sebuah artikel menyatakan “Perlakukanlah orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan”.

Renungkan sejenak bagaimana cara Anda selama ini memperlakukan orang di sekitar Anda, apakah Anda layak diperlakukan dengan baik atau tidak. Dalam artikel ini, kami akan berbagi rahasia membangun hubungan baik dengan orang- orang di sekitar Anda :

Positive Thinking

Pikiran kita adalah anugrah Tuhan yang terbesar, yang membedakan kita dari makhluk lainnya. ”Pikiran saya adalah milik saya, saya akan mengendalikannya!” Kendalikan pikiran Anda dengan penuh keyakinan, setiap orang memiliki harta karun yang menakjubkan yaitu otak dan saraf.

Setiap orang normal pada prinsipnya mewarisi kekuatan untuk mengarahkan semangat, emosi, naluri, kecenderungan, perasaan, suasana hati, sikap dan perilaku Anda mencapai tujuan

Setiap dari kita mempengaruhi orang-orang yang kita temui, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini terjadi secara alami, dalam pikiran bawah sadar Anda, yang terpancar melalui pikiran, perasaan dan bahasa tubuh kita. Orang di sekeliling kita dapat merasakan apa yang terpancar dari pikiran kita. Baca: Jadilah Orang Asertif

Orang lebih tergerak untuk membantu kita jika kita bersikap positif, dan mereka tidak menyukai dan menghindari siapapun yang bersikap negatif. Selalu visualisasikan situasi yang menguntungkan dan bermanfaat bagi anda. Abaikan perasaan malas atau keinginan untuk berhenti. Jika Anda bertahan, Anda akan berubah pola pikir Anda.

membina hubungan baik

membina hubungan baik

Positive Learning

Learn from experience, will make human relations become more effective

Dalam membina hubungan baik, ada kalanya kita belajar dari pengalaman terdahulu seperti ; respon yang pernah Anda buat, tindakan dan perilaku yang kurang baik, bahkan pengalaman Anda betapa sulitnya kita mengakui kelebihan orang lain dan memberikan pujian. Baca: Memiliki Sikap Asertif dalam Pengembangan Diri

Baiklah, mungkin sedikit sulit bagi Anda untuk ‘dipaksa’ mengungkapkan pujian.
Mungkin Anda bertanya apa yang harus saya ucapkan?
Apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda benar benar kehabisan ide untuk bersikap menghadapi atasan Anda, harus kita akui untuk membina hubungan baik, adakalanya kita tidak hanya belajar dari pengalaman sendiri, namun bisa juga dari orang- orang di sekitar kita.

  • Belajarlah dari rekan kerja Anda yang selama ini bisa menaklukkannya, amati dia diam-diam.
  • Amati bagaimana sikapnya menghadapi atasan.
  • Apa yang ia katakan?
  • Bagaimana cara ia memenangkan pergaulan bersama atasan?

Amatilah lalu belajarlah dari apa yang Anda lihat. Jika hal tersebut untuk niat dan tujuan Anda yang positif, Anda tidak boleh berhenti belajar dan memilah hal positif yang akan Anda pelajari, sehingga hubungan Anda dengan orang lain akan jauh lebih baik dari waktu ke waktu.

Positive Communicating

Positive diawali dari pikiran yang menjadi proses pembelajaran, kemudian terpancar melalui cara Anda berkomunikasi dengan orang lain.
Apakah komunikasi Anda sudah berjalan dengan baik dan efektif ?
Berdasarkan teori Albert Mehrabian, komunikasi efektif dipengaruhi 7% verbal, 38% Vocal, 55% Visual. Tindakan lebih dipercaya dari perkataan.

Ini adalah rahasia umum yang kita semua tahu. Kita lebih percaya dengan senyum yang tulus darpada pujian dengan mimik yang datar. Jika kita berusaha memuji dengan tulus namun disertai ekspresi wajah yang datar dan kaku, orang lain akan menangkap sinyal kepurapuraan Anda.

Anda harus berusaha untuk menyesuaikan ekspresi Anda dengan pujian yang Anda lontarkan secara tulus. Jika sebelumnya Anda ditantang untuk memberikan pujian tulus kepada bos atau rekan kerja Anda, sekarang Anda ditantang untuk tersenyum dengan ikhlas ketika berhadapan dengannya.

Lebih mudah menangkap seekor lalat dengan madu daripada dengan cuka.

Artinya, lebih mudah menaklukkan orang tidak baik dengan kebaikan daripada sikap yang buruk. Gunakan kata-kata positif dalam suara hati Anda atau ketika anda berbicara dengan orang lain.

Tersenyumlah, karena senyuman akan membantu Anda menjadi lebih positif. Selalu bersikap ramah dan berikan dukungan orang-orang disekeliling Anda, menyapa saat baru sampai kantor atau saat berpapasan. Jangan malu bertanya, jangan malu berpendapat, dan selalu komunikasikan setiap hal pada rekan kerja. Mereka bukan peramal dan tidak bisa baca pikiran Anda.

Baca juga: Teknik Meningkatkan Komunikasi

membina hubungan baik

Ingatlah manusia terlahir dengan keunikannya masing-masing, “Stay Positive” hubungan baik akan terjalin lebih baik lagi. Sukses untuk Anda dan selamat mencoba…

Materi mengenai komunikasi bisa Anda akses di sini


MDI News No. 214/XXI/Juni 2015

Untuk informasi dan jadwal training kepemimpinan lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id