Team Building Secara Online Paling Seru

Team Building merupakan satu hal yang sangat dicari oleh berbagai perusahaan. Beberapa di antara kita bahkan mungkin sudah akrab dengan berbagai aktivitas-aktivitasnya. Mulai dari sungai buaya, paralon bocor, dan sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan Team Building?

Team Building diartikan sebagai proses mengubah pekerja perorangan menjadi tim yang bekerja sama untuk memenuhi tujuan yang menjadi orientasi perusahaan.

Hal ini sangat penting karena ketika sebuah tim sudah bersatu padu, maka akan tercipta efisiensi dan kinerja kelompok yang bertumpu pada perasaan saling percaya dan merasa terhubung dengan tujuan bersama.

Namun, itu semua diperlukan sebuah teknik, keterampilan, analisis, dan observasi untuk membentuk tim yang kuat, sehingga mereka terdorong untuk saling bekerja sama.

Team Building Secara Online, mungkinkah?

Saat Anda mengadakan virtual learning, harus diakui bahwa itu tidaklah mudah. Hal ini banyak ditemui oleh berbagai vendor pelatihan. Bahkan beberapa dari mereka tidak tahu caranya membangun sebuah tim yang kompak.

Untuk itu, pada kesempatan ini saya secara khusus ingin membagikan pengalaman MDI Tack dalam mengelola team building secara online. Hal ini menarik, karena bisa membantu Anda menyatukan karyawan atau tim jarak jauh.

Sebagai perusahaan yang telah berpengalaman lebih dari 26 tahun, MDI Tack memiliki pengalaman untuk menjaga agar tim kami tetap terhubung. Dengan berbagai aktivitas dan game yang menarik, dapat menjadi cara yang menyenangkan bahkan menjadikan peserta tetap antusias mengikutinya.

Nah, berikut ini adalah permainan dan kegiatan team building secara online yang menarik untuk untuk Anda coba:

  1. Logic Test

Logic Test merupakan satu permaian yang ringan tapi butuh waktu lama untuk bisa menyelesaikannya. Namun, Anda perlu menetukan jenis Logic Test yang tepat yang bisa Anda gunakan secara virtual.

Dalam menggunakan Logic Test, Anda perlu berhati-hati. Karena ketika Logic Test terlalu sulit, maka peserta tidak akan mendapatkan kesan happy. Justru sebaliknya, mereka akan frustrasi menghadapi Logic Test yang Anda berikan.

Sementara, jika Logic Test yang Anda berikan terlalu mudah, maka yang terjadi adalah mereka tidak akan mendapatkan sensasi yang baik.

Pun demikan, Anda juga perlu merancang Logic Test yang bisa dipecahkan secara kelompok. Karena biasanya, Logic Test yang diberikan hanya bersifat individual.

 

  1. Menyusun Gambar

Game ini bisa dikatakan ringan tapi juga menarik. Apakah Anda bisa membayangkan menggambar secara online? Nah, di sini Anda bisa menggunakan berbagai macam tools. Misalnya menggambar dengan menggunakan Ms Excel.

Anda bisa menginformasikan setiap kelompok membagi anggotanya untuk menyelesaikan tantangan yang sudah Anda berikan. Misalnya, sebagian ada yang mengambar, sebagian lagi ada yang mewarnai.

Selain itu, yang perlu Anda pikirkan adalah tools haruslah mudah digunakan. Karena ketika Anda menggunakan tools atau media lain, yang paling banyak menyita waktu adalah sign up, dalam sebuah aplikasi. Belum lagi setiap orang yang ada cukup familiar.

Untuk itu, sebelum Anda memutuskan menggunakan game menyusun gambar dalam team building secara virtual, Anda perlu terlebih dahulu memikirkan medianya.

 

Nah, itulah beberap aktivitas atau game terkait team building secara online yang bisa Anda coba. Jika Anda penasaran dengan aktivitasnya, Anda bisa menghubungi tim MDI Tack secara langsung untuk mencoba merekatkan dan membangun tim Anda menjadi lebih baik dan lebih solid.

 

Ditulis oleh:

Arif Hidayat

Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *