BERKOMUNIKASI SECARA ASERTIF DENGAN GENERASI Y

Setiap hari pasti kita berkomunikasi, baik dengan keluarga dirumah, teman, komunitas, rekan kerja dan rekan bisnis. Dalam berkomunikasi pun kita dihadapkan dengan berbagai generasi yaitu Baby Boomers (usia 40-60an), generasi X (usia 30-40an), generasi Y (usia 20-30an), dan generasi Millenials (usia 20 kebawah). Dan yang paling mendominasi disebuah perusahaan/ organisasi umumnya sekarang ini adalah generasi Y. Terkadang berkomunikasi dengan generasi Y bagi para Baby Boomers dan X adalah hal yang gampang-gampang susah. Nah, dari hal tersebut lah berikut penjelasan berkomunikasi dengan generasi Y secara asertif agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

Pada umumnya komunikasi secara asertif sangat disukai oleh generasi Y. Kebebasan mengutarakan pendapat, membuat kolaborasi yang baik sehingga tujuan ingin dicapai bisa didapatkan dengan baik. Keterbukaan dalam berkomunikasi secara asertif sangat dihargai oleh generasi Y sehingga generasi ini pun semakin termotivasi untuk memberikan sesuatu yang fresh dan semakin produktif. Berikanlah umpan balik secara transparan dan secepatnya. Saran-saran perbaikan untuk masa depan akan sangat berharga bagi generasi Y.

Berikut tips komunikasi asertif dengan generasi Y yang bisa Anda terapkan agar tujuan yang diharapkan pun tercapai.

Perkuat kerjasama

Generasi Y memiliki kebiasaan dalam berkelompok dan umumnya mereka sudah terlatih untuk berdialog, berdebat, dan menguji logika. Ciptakanlah media kerja kelompok yang nyaman agar bisa menghasilkan kreativitas dan inovasi baru.

Transparan dalam berkomunikasi

Generasi Y termasuk generasi yang kritis maka dari itu mereka tidak mudah menerima sesuatu begitu saja tanpa mempertanyakan sebabnya. Sampaikan informasi yang ingin Anda sampaikan secara jelas dan transparan. Dan mereka sangat ingin diberikan kesempatan untuk berbicara atau bertanya mengenai segala hal.

Gunakan media yang sedang popular untuk berkomunikasi

Jika tidak memungkinkan untuk bertemu langsung, gunakanlah platform komunikasi yang sedang popular untuk berkomunikasi dengan generasi Y. Dengan menggunakan platform tersebut maka komunikasi pun makin lancar karena generasi Y lebih menyukainya.

Tunjukkan keadilan

Generasi Y mendukung kesetaraan semua generasi. Maka, pemimpin atau rekan kerja berperilaku dengan cara yang tidak memojokkan atau merendahkan. Hal ini menunjukkan bahwa Anda memberikan perhatian yang tulus untuk hal yang sama.

Berikan semangat kerja

Dalam berkomunikasi, tunjukkan bahwa Anda juga tetap memberikan semangat kerja. Gunakan istilah-istilah menarik dalam mengkomunikasikan misi perusahaan dan berikan mereka suatu peran untuk mencapai tujuan karena dengan begitu mereka akan merasa dihargai dan lebih berarti dalam bekerja.

Tumbuhkan budaya kerja yang berorientasi pada kerjasama dalam kelompok bagi generasi Y karena hal tersebut akan meningkatkan efektifitas dan kinerja yang optimal. Dan jangan lupa berikan penghargaan jika mereka mampu menghasilkan suatu inovasi atau mampu melakukan suatu tindakan yang hasilnya memuaskan. Selamat mencoba.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *