Kreatif & Inovasi Semudah Apa Ya

Bagaimana Anda menggambarkan seorang pemimpin yang efektif? Dalam sebuah studi kepemimpinan, beberapa poin adalah memberi arahan, memotivasi, percaya anggota tim, dan cakap di dalam berkomunikasi. Salah satu hal terakhir yang dibutuhkan ada kreativitas hingga menjadi pemimpin yang lebih baik. Menurut Ronald E. Riggio, seorang pemimpin yang lebih dihargai oleh para pengikutnya dan memiliki tim yang kinerjanya lebih tinggi adalah mereka yang memiliki beberapa kriteria tersebut.

Stimulasi intelektual merupakan salah satu keunggulan dari kepemimpinan transformatif. Para pengikut perlu didorong untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Para pemimpin yang efektif harus memberikan tantangan baru dengan banyak dukungan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu cara untuk menumbuhkan kreativitas adalah dengan memberikan tantangan kepada anggota kelompok, memastikan bahwa tujuan berada dalam jangkauan kemampuan mereka. Tujuan dari jenis latihan ini adalah untuk membuat orang meregangkan batasbatas mereka, tetapi tidak menjadi berkecil hati dengan hambatan untuk sukses.

Kita percaya bahwa kreativitas dan inovasi wajib berorientasi pada daya guna, efektifitas dan efisiensi sehingga produktivitas tercapai. Sebelum menerapkan hal tersebut perlu ditelaah dulu makna yang terkandung dalam kreativitas dan inovasi yang berorientasi pada daya guna, efektifitas dan efisiensi sehingga produktivitas tercapai. Kreativitas dan inovasi harus berdaya guna sehingga produktivitas meningkat.

Berikut beberapa cara meningkatkan kreativitas & inovasi:

Beri ruang dan waktu bagi staf atau diri Anda untuk menjadi imajinatif & kreatif

Siapa yang tidak mengenal produk Apple? Perusahaan ini dapat menjadi contoh yang bagus dari sisi kreativitas. Di dalam suasana kerjanya mereka menyediakan waktu seperlima di hari kerja sebagai sesi kreatif bagi para staf. Inovasi adalah kunci karakteristik dari perusahaan sehingga sangat penting bagi Apple untuk menginspirasi staf dan memberi mereka ruang untuk menjadi lebih kreatif.

Kreativitas bisa menjadi gagasan yang sulit untuk dilakukan, namun ini adalah kunci dari setiap perusahaan yang sukses. Boleh dikatakan, bahwa ciri-ciri pemimpin yang sukses adalah mereka yang memiliki kreativitas disertai kepercayaan diri. Kreativitas ini yang bisa menjadikan perusahaan terus berjalan bahkan bisa mempengaruhi kehidupan dinamis para pelakunya.

Berpikir beda dari yang lain

Ciptakan suasana kondusif ketika sedang dilakukan pencapaian ide-ide, sehingga akan banyak ide bisa didapat dan dikemas menjadi lebih bagus. Meski tidak semua ide akan digunakan.

Itu diatas adalah definisi sederhana untuk meningkatkan kreativitas, tetapi kesulitan sesungguhnya akan datang ketika benar-benar harus mampu untuk berpikir secara berbeda atau “out of the box”. Ini adalah keterampilan yang sangat langka dan berharga, untuk dapat muncul dengan ide-ide yang benar-benar asli dan berbeda dari apa yang sudah ada di pasar saat ini. Biasanya saya sering mengganti kata-kata dengan berfikir seolah-olah bahkan tidak ada kotak yang menghalangi.

Namun penting untuk diingat bahwa meningkatkan kreativitas sendiri tidak cukup untuk menjamin kesuksesan. Fokusnya harus selalu tetap pada bagaimana menggunakan pemikiran inovatif untuk membuat perusahaan sukses.

Salam Kreatif.

Jika butuh bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menginvestasikan diri Anda dengan mengikuti pelatihan kreativitas dan inovasi bersama dengan fasilitator kami yang sudah pakar dan berpengalaman.