Apakah manajer atau supervisor Anda mengalami kesulitan menjadi pemimpin? Survey membuktikan bahwa sekitar 77% organisasi melaporkan perkembangan akan kepemimpinannya sangat kurang. Hal ini nantinya akan berdampak kepada ketidakefektifan seorang pemimpin dalam mengelola timnya dan mencapai sebuah target. Oleh karena itu, penting bagi pemimpin mengikuti leadership training.
Sebelumnya, Apa Itu Leadership
Leadership secara harfiah memiliki arti yaitu kepemimpinan. Menurut Stephen Covey dalam bukunya berjudul “The 7 Habits of Highly Effective People“, kepemimpinan adalah sebuah proses dalam mengatur, mengarahkan, menggerakkan, dan mengendalikan sumber daya manusia dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu.
Memiliki skill leadership ini menjadi kunci kesuksesan bagi setiap organisasi, terlepas dari sektor ataupun industrinya. Namun, sayangnya di Indonesia kesadaran akan pentingnya skill leadership bagi para manajer dan supervisor masih perlu ditingkatkan.
Padahal memiliki skill ini akan meningkatkan keberhasilan jangka panjang dan daya saing perusahaan karena akan menciptakan pemimpin yang mampu berinovasi, memotivasi tim, dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis yang cepat.
Oleh karenanya, penting bagi manajer ataupun supervisor untuk terus dilatih dan dibina agar dapat meningkatkan skill kepemimpinannya dan tumbuh menjadi pemimpin yang efektif.