Deskripsi Program

Dalam perusahaan anda, beberapa manajer mengelola orang lain, beberapa manajer mengelola proses, dan beberapa manajer mengelola orang dan proses.  Transisi dari “Individual Contributor” menjadi “People Manager” bukanlah suatu proses yang otomatis dan mudah.

Proses ini membutuhkan proses pengembangan diri yang terstruktur. Program ini mendukung para “People Manager” baru agar mampu melakukan peran mereka melalui pengalaman belajar selama 12 bulan.

Selama program, mereka akan mendapatkan kesempatan untuk meninjau keterampilan mereka dalam mengelola diri maupun mengelola orang lain, mendapatkan umpan balik dari perilaku mereka dan memahami efek dari perilaku tersebut, serta melibatkan mereka dalam aktivitas pengembangan.

Program ini berfokus pada:
• Peran dan tanggung jawab dari People Manager
• Visi dan prinsip Manajemen dan Pelatihan Kepemimpinan
• Berbagai Gaya Interpersonal dan bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan setiap gaya
• Menyesuaikan gaya manajemen Anda dengan kebutuhan kepemimpinan anggota tim Anda
• Pentingnya mengelola ekspektasi dan berbagai teknik untuk melakukannya
• Menetapkan prioritas dan mengambil keputusan yang efektif
• Bagaimana mempengaruhi dan memotivasi anggota tim Anda
• Bagaimana membangun dan mengembangkan sebuah tim
• Bagaimana memberi umpan balik secara efektif dan mengembangkan tim solid
• Bagaimana mendelegasikan secara efektif dan memberdayakan anak buah Anda
• Simulasi role play berbagai skenario/kasus terkait keterampilan menjadi People Manager serta belajar dari umpan balik fasilitator dan rekan peserta lainnya
Target  Peserta
Program ini sangat sesuai bagi semua orang yang mengelola orang lain untuk pertama kali dan siapapun yang diharapkan untuk mampu memimpin, mengembangkan dan memotivasi sebuah tim.

Manfaat Program untuk Peserta
Pada akhir program, peserta akan mampu:
• Memahami peran dan tanggung jawab dari seorang People Manager dan bagaimana peran barunya tersebut berbeda dari peran mereka sebelumnya sebagai kontributor Individual yang bertanggung jawab atas kinerja diri sendiri
• Mengidentifikasi berbagai interaksi dan menerapkan strategi komunikasi yang sesuai agar dapat bekerja secara efektif dengan orang lain
• Menerapkan gaya manajemen yang sesuai dengan situasi spesifik tertentu dan kebutuhan kepemimpinan anak buah
• Mengelola motivasi orang lain agar mampu mencapai hasil positif dalam jangka panjang
• Mengidentifikasi kriteria serta langkah – langkah fundamental dari pengambilan  keputusan yang baik dan memilih pendekatan serta gaya pengambilan keputusan yang sesuai
• Memahami dinamika tim sehingga mampu memfasilitasi, membina dan mendukung timnya
• Mengembangkan Rencana Pembelajaran, Tindakan dan Pengembangan (Learning, Action, & Development Plan) untuk meningkatkan keterampilan memimpin orang lain
• Melibatkan diri dalam Action Learning bersama rekan kerja untuk meningkatkan lebih lanjut pengembangan keterampilan manajerial
• Memahami, mengintegrasikan dan mengidentifikasikan tindakan pengembangan berdasarkan umpan balik 360 derajat dari lingkungan kerja

Persyaratan
Tidak ada.

Film
Unorganised Manager

Metode Pelaksanaan dan Durasi
Modul 1 adalah sesi pelatihan kelas selama 2 hari.
Kemudian dilanjutkan dengan Action Learning bersama rekan peserta lain yang mengikuti program serta umpan balik 360 derajat dari lingkungan kerja.
Modul 2 adalah sesi pelatihan kelas selama 1 hari yang dilakukan 12 bulan setelah modul 1.

Bahan Pelatihan
Workbook yang akan dibagikan diawal sesi.

Bahasa
Bahasa Indonesia.