Continuous Improvement, Semangat Untuk Selalu Mengambangkan Diri Menjadi Lebih Baik
Continuous improvement atau perbaikan berkelanjutan, adalah topik yang sudah cukup sering kita dengar di banyak tempat. Banyak perusahaan, institusi, dan pemerintahan meyakini bahwa continuous improvement adalah hal yang penting untuk dilakukan. Namun sayangnya, continuous improvement seringkali tidak mendapat tempat yang signifikan dalam keseharian kita.
Seperti makan sayur dan buah. Kita tahu mengonsumsi sayur dan buah itu baik untuk kesehatan. Diajarkan sejak kecil hingga dewasa. Namun, meskipun sudah tahu manfaat baik sayur dan buah, tidak banyak yang peduli dengan itu dan mengonsumsinya setiap hari. Entah apapun alasannya.
Apa itu continuous improvement?
Sederhananya, continuous improvement atau perbaikan yang berkelanjutan adalah upaya yang kita lakukan untuk bisa menjadi lebih baik dari hari ke hari, lewat pembelajaran dari kesalahan, beradaptasi dari perubahan, dan melakukan inovasi agar menjadi lebih baik dan efisien di masa depan.
Dalam dunia bisnis, ada banyak sekali contohnya, seperti membuat produk yang semakin efektif dan efisien, memperbaiki pelayanan, meminimalisir “waste”, hingga mengupgrade pengetahuan melalui kegiatan training dan pelatihan.
Training dan pelatihan sebagai kunci dari continuous improvement
Seiring dengan banyaknya dinamika perubahan yang ada di sekeliling kita, sebagai seorang professional kita dituntut untuk bisa selalu mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Apa yang saat ini kita ketahui, bisa menjadi tidak relevan dalam 5 atau 10 tahun mendatang. Desain yang kelihatannya sudah kuno, bisa menjadi tren baru saat ini. Perusahaan yang besar bisa hancur dalam waktu singkat.
Salah satu cara untuk tetap memiliki semangat continuous improvement adalah dengan mengikuti kegiatan training dan pelatiahn baik yang diadakan didalam perusahaan ataupun diluar perusahaan. Dengan mengikuti kegiatan training, kita tidak hanya belajar hal-hal baru, tapi juga mengingat hal-hal yang dulu pernah dipelajari namun terlupakan.
Salah satu kegiatan training yang sedang berjalan di MDI TACK adalah, training managerial untuk manager penjualan di salah satu perusahaan otomotif besar di Indonesia. Banyak manager-manager hebat dari seluruh Indonesia berkumpul untuk mengikuti kegiatan training dan pelatihan terntang leadership dan strategic thinking.
Disini, Peserta training diberikan banyak insight baru terkait bagaimana memimpin anggota sales yang umumnya berusia lebih muda, diiringi dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi seperti saat ini. Tidak hanya itu, peserta juga diberikan tantangan berupa studi kasus sebuah perusahaan dengan berbagai tantangan yang harus diselesaikan.
Dengan mengikuti training ini, peserta tidak hanya mendapatkan ilmu baru dan dilatih kelihaiannya berfikir saja, namun juga beragam insight dan masukan dari peserta-peserta lain yang berasal dari seluruh Indonesia. Sampai jumpa di kegiatan training selanjutnya!
Oleh: Nur Fadhilah – Trainer & Facilitator MDI TACK
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!