Pernahkah kamu merasa ikut pelatihan virtual dan terhambat dengan beberapa kendala? Apakah benar pelatihan virtual tidak bisa seefektif pelatihan tatap muka?

Pelatihan Virtual atau Virtual Learning menjadi tren di banyak perusahaan sejak masa pandemi covid. Pembatasan kegiatan masyarakat membuat orang mau tidak mau, suka tida suka, harus beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan pelatihan virtual. Meskipun praktis karena bisa dilakukan jarak jauh dari rumah kita, pelatihan virtual memiliki tantangan yang harus kita antisipasi agar bisa maksimal mengikutinya.

Berikut adalah hal-hal yang perlu kita perhatikan sebelum mengikuti pelatihan online:

  • Usahakan lokasi yang di pilih cukup tenang dan terhindar dari gangguan

Rumah memang tempat yang nyaman untuk istirahat, namun bukan berarti bisa terhindar dari gangguan. Waspadai beberapa gangguan yang umum terjadi terutama jika ada anak kecil, dan siapkan cara mengantisipasinya. Suara pedagang kelliling atau suara tukang bangunan juga seringkali bisa menggangu kegiatan pelatihan virtual.

  • Kabarkan penghuni rumah jika kita sedang mengikuti pelatihan virtual, dan tidak bisa di ganggu untuk sementara waktu

Penting bagi penghuni rumah mengetahui bahwa Anda tidak bisa diganggu untuk sementara waktu. Jangan sampai mereka memanggil kita secara tiba-tiba untuk hal yang tidak urgent. Hal ini bisa membuat konsentrasi kita menjadi pecah.

  • Siapkan kopi, teh, atau snack disamping meja

Seperti halnya mengikuti pelatihan tatap muka yang seringkali di sediakan kopi, teh, dan snack; ada baiknya kita mempersiapkan minuman dan makanan ringan selama kegiatan pelatihan virtual berlangsung agar pelatihan semakin menyenangkan. Jangan sampai konsentrasi terganggu karena perut lapar.

  • Kenakan pakaian yang rapih dan sopan

Mengikuti pelatihan virtual bukan berarti tidak tampil dengan rapih. Banyak perusahaan yang mewajibkan peserta pelatihan menyalakan kamera selama sesi pelatihan berlangsung. Dalam pelatihan ini, kita bisa melihat wajah peserta dari dekat di layar laptop, sehingga penting untuk berpenampilan rapih di depan kamera.

  • Pastikan tidak terendala dengan audio dan visual

Audio dan visual memiliki peranan yang sangat penting dalam mengikuti kegiatan pelatihan online. Beberapa tipe gawai memiliki kualitas audio dan visual yang kurang baik, sehingga perlu alat tambahan agar bisa semakin maksimal. Misalnya kita bisa menggunakan lampu tambahan agar kualitas visual semakin baik, atau kita bisa menggunakan mic tambahan agar kualitas suara lebih baik.

  • Siapkan koneksi internet cadangan

Sudah bukan rahasia lagi kalau koneksi internet di Indonesia sering bermasalah. Seringkali kegiatan pelatihan virtual terkendala masalah koneksi internet. Mati tiba-tiba saat kegiatan pelatihan berlangsung, suara terputus-putus, dan video yang tersendat. Usahakan kita memiliki internet cadangan dari provider yang berbeda sebagai langkah antisipasi jika koneksi terputus tiba-tiba.

  • Lakukan peregangan (stretching) secara berkala

Kegiatan pelatihan bisa berlangsung selama berjam-jam. Terlalu banyak duduk dan tidak bergerak cenderung tidak sehat dan seringkali akan menimbulkan masalah kesehatan seperti sakit pinggang, sakit tengkuk leher, hingga sakit mata.

Ada baiknya kita mempersiapkan Timer setiap 60 menit sekali untuk melakukan peregangan ringan agar terhindar dari sakit punggung dan tulang belakang. Sempatkan juga melihat jarak jauh agar mata kita tidak sakit akibat terlalu lama menatap layar komputer atau gawai lainnya.

  • Pahami bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan wajib dari perusahaan

Tujuan dari Pelatihan online/virtual sama seperti kegiatan pelatihan tatap muka, yaitu agar karyawan di suatu perusahaan bisa meningkatkan skill dan knowledge nya. Oleh karena itu, kita tidak boleh menyepelekan kegiatan pelatihan yang sudah di sediakan oleh perusahaan. Apalagi, kita kegiatan pelatihan ini merupakan kewajiban yang bisa mempengaruhi performa dan penilaian kita di perusahaan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *