Manfaat Jika Anda Menerapkan Mindfulness Saat Bekerja

Istilah mindfulness akhir-akhir ini ternyata cukup populer digunakan. Tapi bagi Anda yang masih bertanya-tanya bahkan belum tahu apa sih sebenarnya mindfulness, tidak perlu merasa khawatir. Karena pada kesempatan ini, saya akan menjelaskannya kepada Anda.

Mindfulness diartikan sebagai “kesadaran penuh”. Dalam arti yang lebih luas, mindfulness adalah keadaan mental diri di mana kamu sepenuhnya sadar akan situasi terkini yang terjadi, apa yang sebenarnya diri kamu inginkan, juga  mengakui dan menerima perasaan dan pikiran yang dimiliki.

Mindfulness sendiri memiliki banyak sekali manfaat, seperti mengurangi kadar stress. Apalagi situasinya sedang penuh ketidakpastian seperti ini. Belum lagi tantangan bekerja berjam-jam, posisi WFH yang terkadang bisa membuat Anda tidak tahu waktu.

Selain itu, menghadapi banyak orang dan segala macam situasi, belum lagi meeting online yang bisa 3-7 kali dalam sehari, diminta untuk ikut pelatihan online, pelatihan karyawan, terkadang membuat kehilangan fokus dalam bekerja. Jika ini terus berlanjut, maka produktivitas menjadi menurun, tentunya ini akan berpengaruh pada kesuksesan Anda ke depannya.

Untuk itu, dalam hal ini Anda perlu sekali memiliki Mindfulness  dalam bekerja, agar fokus Anda tidak mudah teralihkan dan kehilangan arah pada tujuan awal. Lalu apa saja sih manfaat ketika Anda menerapkan Mindfulness  dalam bekerja?

Memperbaiki fokus

Mindfulness akan membantu mencegah otak bekerja secara multitasking dan lebih mengedepankan monotasking. Sehingga pikiran akan lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan pada saat itu. Apabila Anda merasa sudah

Meningkatkan komunikasi

Saat terganggu dengan keadaan, seringkali luput dari pembicaraan dengan orang lain yang akhirnya kurang memahami apa yang sedang dibicarakan. Berkomunikasi secara mindful akan membuat lebih memahami apa yang sedang didengar dan apa yang akan diucapkan.

Lebih Adaptif

Otak dan tubuh bisa menyesuaikan diri secara langsung terhadap perubahan yang terjadi di dunia kerja. Bekerja secara mindful membuat lebih mudah memahami situasi yang terjadi, sehingga tak sampai salah mengambil keputusan terutama bagi pimpinan perusahaan.

Mengurangi stress dan kecemasan

Mindfulness terbukti dapat mengurangi tingkat stress dengan menginisiasi pembentukan jaringan otak bernama amygdala. Pikiran dan tubuh yang mindful akan membantu otak bekerja lebih baik, sehingga bisa mengindentifikasi perasaan dan mengambil pendekatan yang tepat dengan positif.

Menumbuhkan kecerdasan emosi

Mindfulness juga berkontribusi menumbuhkan kecerdasan emosi dengan memahami emosi diri sendiri, membantu memahami emosi orang lain dan meningkatkan kekuatan untuk mengelola emosi, sehingga tak lepas kendali yang akan memperburuk situasi.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *