pelatihan online bersama MDI Training

Apa sih hal yang bikin karyawan antusias ikuti pelatihan online? Pertanyaan ini tidak banyak dikulik oleh HR ketika mereka mewajibkan training dimasa work from home. Akibatnya, online training terkesan membosankan, tentu hal ini akan sangat disayangkan, kenapa?

Karena online training seharusnya bisa menjadi solusi bagi para HR untuk bisa meningkatkan skill karyawan. Tapi, jika pelatihan online terlalu membosankan, tentu mood karyawan untuk bisa menyelesaikan akan sangat rendah. Sehingga, tidak ada peningkatan skill pada karyawan tersebut.

Nah, berikut ini adalah 3 hal yang bikin karyawan antusias ikuti pelatihan online:

1. Kesigapan tim saat ada kendala teknis

Dari data yang kami dapatkan, dan juga pengalaman yang MDI Tack selama memberikan Training.  Tim IT yang sigap dalam membantu kendala teknis sangatlah penting. Misalnya, komputer yang tidak support,  koneksi internet yang lemot, peserta yang tidak familiar dengan teknologi, dan sebagainya.

Meski terkesan biasa dan umum, namun Anda tidak bisa menyepelekannya. Sebab hal ini bisa membuat peserta atau karyawan Anda malas mengikuti pelatihan online bahkan untuk menyelesaikannya.

Adanya kendala teknis dapat membuat peserta menunggu. Seperti membuat peserta yang sudah join dari awal waktu, saat terjadi kendala teknis. Tentu dapat menurunkan semangat para peserta yang sudah menunggu dan semangat di awal.

2. Durasi pelatihan yang pendek

Durasi pelatihan online sangat menentukan antusiasme karyawan Anda. Semakin lama pelatihan diadakan, besar potensi kebosanan yang akan muncul.

Dari data yang kami dapatkan, dan berdasarkan pengalaman MDI Tack mengadakan training selama lebih dari 26 tahun, waktu paling efektif diadakan adalah 1-2 jam.

MDI Tack sendiri sudah merancang durasi ini dengan berbagai metode yang desesuaikan terhadap sistem belajar. Agar peserta pelatihan online bisa lebih antusias dan tidak bosan saat mengikuti virtual training atau menyimak video training. Tidak hanya itu, peserta juga akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan dari Trainer di MDI Tack.

3. Bisa diaplikasikan di dunia nyata

Mengikuti training online secara antusias merupakan satu hal yang baik, namun antusias saja tidaklah cukup. Jika materi yang diikuti tidak ada relevansinya, bahkan tidak ada manfaat bagi perusahaan itu tidaklah baik. Untuk itu, MDI Tack sangat konsen terhadap materi-materi agar bisa tersampaikan secara mudah.

Hal ini penting untuk kami jaga, karena ketika pelatihan online bisa berguna dalam keseharian. Maka peserta akan  belajar  memperkecil potensi hal yang negative. Dan ikut bertanggung jawab dalam memajukan perusahaan.

Dengan metode pembelajaran yang sudah terbukti, karyawan  tidak  akan terlalu  terlalu sulit memahami maupun mengimplementasikan materi pembelajarannya. Nah, itulah 3 hal yang bikin karyawan antusias ikuti pelatihan online. Bagaimana, apakah Anda mendapatkan manfaat dari artikel ini?

Jangan lupa untuk share kepada rekan-rekan Anda, agar pengembangan karyawan di Indonesia semakin banyak lagi.

 

Oleh: Arif Hidayat – Fasilitator MDI Tack

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *