3 Kebiasaan Positif Ini Bisa Bikin Anda Cepat Jadi Leader

Apakah Anda bermimpi untuk menjadi seorang leader di perusahaan Anda yang sekarang? Tapi Anda bingung cara yang tepat seperti apa? Saya ucapkan selamat, karena pada kesempatan kali ini Anda telah membaca sebuah artikel yang sangat tepat. Karena pada artikel ini Anda akan perlu membangun kebiasaan positif untuk bisa menjadikan impian Anda menjadi seorang Leader bisa terwujud.

Nah, beberapa pakar karier memiliki pendapat yang berbeda-beda untuk bisa menduduki posisi Leader. Untuk itu, saya mencoba merangkum garis besarnya untuk Anda. Kabar baiknya, kebiasaan positif yang bisa bikin Anda cepat jadi Leader ini, merupakan suatu kebiasaan yang dapat Anda lakukan secepatnya, bahkan hari ini ini juga.

Kira-kira, kebiasaan positif apa saja yang bisa membuat Anda cepat jadi Leader? Berikut ini adalah 3 Kebiasaan Positif Yang Bisa Bikin Anda Cepat Jadi Leader:

Tambah keterampilan baru

Ditemukan sebuah fakta bahwa di lapangan, banyak orang hanya memikirkan keterampilan jangka pendek, artinya keterampilan yang dimiliki hanya sebatas pada jabatan yang diemban saja. Padahal, untuk menjadi sukses dilingkungan pekerjaan, Anda perlu memfokuskan diri pada apa yang perlu Anda ketahui untuk berhasil dalam pekerjaan selanjutnya, bahkan jabatan selanjutnya. Misalnya, saat ini Anda menduduki posisi penjualan. Untuk bisa naik ke jenjang karier selanjutnya, Anda perlu tahu bahkan mungkin bisa mengikuti pelatihan kepemimpinan. Kenapa? Agar satu saat Anda sudah di posisi Leader, Anda adalah orang yang paling siap dibandingkan yang lainnya.  

Utarakan pendapat ketika rapat

Sesi rapat atau meeting adalah sesi yang seharusnya Anda manfaatkan dengan baik untuk berbicara dan menyampaikan pendapat. Sebab biasanya, di sesi seperti ini kebanyakan peserta rapat hanya duduk diam dan mendengarkan. Yang terjadi, rapat akan terasa begitu membosankan. Apalagi ketika meeting diadakan secara virtual, yang beberapa orang memang sudah merasa malas untuk ikut meeting. Alhasil, di dalam meeting tersebut dia hanya mendengar. Bahkan dia sama sekali tidak menyalakan videonya.

Nah, jika Anda ingin menjadi berbeda dengan peserta rapat yang lain, sebaikanya Anda berusaha mengutarakan pendapat. Sekecil apapun itu. Anda perlu untuk mengambil peran memastikan semua orang di ruangan tahu bahwa Anda memiliki sesuatu untuk disumbangkan. Lalu bagaimana jika Anda tidak memiliki ide yang jitu untuk disumbangkan? Anda bisa berperan untuk mengadvokasi sudut pandang rekan Anda atau mengajukan pertanyaan. Bukan untuk menjatuhkan, tapi untuk memperkuat ide yang dihasilkan.

Tawarkan solusi kepada Pemimpin Anda 

Penting bagi Anda bisa mencari peluang ini. Jangan menunggu diri Anda menempati posisi pemimpin. Kalau memang saat ini Anda masih menjadi anggota, Anda bisa tetap menawarkan solusi kepada pemimpin Anda. Apalagi dalam menghadapi situasi pandemi seperti ini, semua kondisi sudah jauh berbeda. Lalu, dengan melihat permasalahan ini, Anda membawanya kepada atasan untuk berdiskusi tentang jalan keluar. Usahakan saat Anda melihat masalah, Anda sudah membawa beberapa solusi dengan berbagai pertimbangannya. Misalnya, alternatif solusi yang bisa Anda tawarkan adalah terkait pelatihan karyawan, baik pelatihan virtual maupun pelatihan offline. Kenapa? Karena semua orang saat ini membutuhkan dan perlu untuk upgrade diri agar bisa menyesuaikan dengan situasi saat ini. 

Nah, itulah 3 kebiasaan positif yang bisa bikin Anda cepat jadi Leader. Jika hal-hal ini Anda lakukan dengan benar, maka besar kemungkinan untuk Anda bisa menjadi pemimpin dalam waktu yang relatif singkat. Tapi ingat, semua itu perlu konsistensi untuk Anda menerapkannya, sehingga peluang yang Anda miliki jauh lebih besar. Namun jika cara yang Anda lakukan itu belum kunjung membuahkan hasil, mungkin perlu waktu untuk Anda bisa lebih bersabar. 

 

Oleh: Arif Hidayat – Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *