Tips Sukes Mengelola Waktu Tim Sales

Beberapa diantara kita ada yang berharap untuk memiliki tambahan waktu dalam sehari. Sehingga dapat melakukan kontak dengan prospek yang dibutuhkan dan diinginkan. Selain itu, penambahan waktu juga diperlukan untuk menyelesaikan tugas kantor yang seolah tak ada habisnya.

Sebagai seorang sales profesional, Anda tahu betapa benarnya pepatah lama yang mengatakan “waktu adalah uang”. Setiap menit yang tidak Anda maksimalkan dengan baik, itu artinya Anda telah berarti kehilangan peluang, dan kehilangan uang.

Jika ini tidak ditangani dengan baik, tentu akan menimbulkan masalah yang luar biasa, seperti kelangsungan bisnis atau perusahaan itu sendiri. Sebab kita tahu bahwa roda sebuah bisnis adalah penjualan. Jika tim sales tidak menghasilkan sebuah penjualan, lalu bagaimana caranya bisnis tersebut berjalan?

Sementara kita ketahui bahwa terkadang tim sales tak bekerja secara efisien dikarenakan beberapa hal. Dan salah satunya karena managemen waktu yang buruk. Hasilnya, kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu. Untuk berpergian, berkomunikasi, dan bertemu dengan calon klien dan pelanggan.

Apakah hal itu salah? Tidak. Memang seperti itu tugas mereka. Hanya saja jika itu bisa dikonversi dengan jumlah closing yang tinggi. Sementara, kebanyakan yang terjadi adalah aktivias di atas  justru tidak membawa manfaat bagi perusahaan.

Nah, bagaimana untuk bisa menangani hal in? Menurut riset dari berbagai sumber adalah dengan adanya pengelolaan waktu. Sebab dengan waktu yang dikelola dengan baik, tim sales akan bekerja dengan produktivitas yang tinggi. Namun, bagaimana mereka bisa memiliki produktivitas yang diharapkan?

Fokus pada 20%

Anda pasti paham dengan prinsip Pareto (juga dikenal sebagai aturan 80/20, bagi yang belum tahu). Berikut ringkasan singkatnya: “80% penjualan berasal dari 20% klien”

Ini berarti Anda membuang-buang waktu terlalu banyak untuk fokus pada tugas-tugas yang berdampak keci. Atau tidak berdampak pada kesuksesan Anda. Padahal, kunci dari management waktu yang baik adalah Anda fokus pada tugas dengan ROI tertinggi.

Ingat, tidak semua nama dalam daftar Anda akan menjadi pelanggan bernilai tinggi. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk prospek yang tidak memenuhi syarat, Anda tidak menjual apapun.

Begitu juga sebaliknya, semakin cepat Anda fokus pada 20% pada hot prospect. Maka semakin baik penjualan yang akan Anda dapatkan.

Sesuaikan waktu Anda dengan pelanggan

Beberapa diantara kita pasti pernah melakukan telepon kepada konsumen atau pelanggan. Sayangnya, waktu tersebut belum cocok dengan jadwal mereka. Sementara pengaturan waktu Anda tidak nyaman bagi pelanggan. Misalnya Anda menelepon saat jam istirahat, atau terlalu pagi. Hal ini tentu tidak akan menghasilkan penjualan yang baik bagi Anda.

Untuk itu, agar hal ini tidak berlarut-larut, Anda bisa melakukan sedikit riset. Atau menanyakan kapan waktu yang paling tepat untuk bisa berkomunikasi.

Batasi multitasking

Sebenarnya, menjadi multi-tasker tidak membuat Anda dipandang sebagai pribadi sales yang produktif dan sukses. Justru sebaliknya, multitasking tidak baik untuk penjualan karena otak Anda tidak dapat melakukan dua hal sekaligus.

Ketika Anda mencoba untuk menangani lebih dari satu tugas, otak Anda terus-menerus berpindah. Sehingga Anda akan pikiran Anda akan loncat-loncat dari satu tugas ke tugas lain secara berurutan. Tanpa Anda sadari, Anda melambat dan kehilangan 40 persen produktivitas Anda.

Nah itulah cara untuk bisa mengelola waktu tim sales Anda agar mereka bisa bekerja secara efisien. Jadi dari sana, mereka bisa tahu apa yang harus dilakukan dan kapan waktu untuk menyelesaikan tugas tersebut. Kedengarannya tips-tips ini cukupp sederhana. Meski demikian, cara ini cukup mudah untuk diimplementasikan dilingkungan Anda. Sehingga Anda bisa lebih efektif untuk mengejar target penjualan.

Dari tips di atas, mana yang rencananya akan Anda lakukan? Jika Anda membutuhkan tips-tips lain, Anda bisa membaca artikel lain di website MDI Tack.

 

Oleh: Arif Hidayat – Fasilitator MDI Tack 

 

 
 
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *