WOW! Hal Paling Penting Ini Bisa Bikin Anda Disukai Pelanggan

Sebelum masa pandemi, saya diberikan kepercayaan oleh perusahaan untuk memberikan training diperusahaan yang bergerak dalam bidang ritel. Materi yang saya berikan adalah tentang Service Excellence. Training ini sudah berjalan beberapa batch. Awalnya program diperuntukkan untuk Supervisor, lalu para staf, dan kemudian SPG.

Ada satu hal menarik ketika awal program tersebut berjalan. Saat itu, saya terjadwal untuk memberikan Training di hari senin pada bulan Februari. Dengan antusias saya datang lebih pagi, 90 menit lebih awal dari jadwal training.

Anehnya, 1 jam sebelum training di mulai, tidak satu pun saya melihat peserta yang hadir. Saya hubungi kembali, perusahaan dan semua mengatakan bahwa jadwalnya benar.

Sebagai seorang Trainer, saya sudah memastikan kondisi dan materi terdistribusi dengan baik. Namun, karena belum juga saya melihat peserta yang hadir, saya memilih untuk mengisi waktu dengan menata dan menyediakan minuman. Setiap kursi saya susun dengan rapih. Apa yang saya lakukan itu, tiba-tiba dilihat oleh para HR di perusahaan tersebut. Mereka terkejut dan sangat senang dengan apa yang saya lakukan. Padahal sebenarnya, itu bukan tugas saya.

Nah, dari sini dapat kita pahami bahwa sangat penting bagi kita melakukan suatu inovasi agar pelanggan tersebut suka. Kalau dia sudah tersentuh, dia sudah tertarik kepada Anda, maka besar kemungkinan baginya untuk menjadi customer loyal.

Sayangnya, tidak semua orang mau menaruh perhatian pada hal ini. Mereka hanya mengandalkan kualitas produk. Padahal jika Anda tahu, seberapapun hebatnya sebuah produk, tidak akan berarti jika pelayanan yang Anda berikan kepada customer buruk.

Nah, memberikan pelayanan yang baik atau service merupakan salah satu faktor yang vital untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda. Namun tidak sedikit perusahaan yang terpaksa gulung tikar akibat meremehkan pentingnya pelayanan pelanggan.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan kepada Anda terkait 2 hal paling penting dan disukai pelanggan:

Bersikap ramah dan penuh kehangatan

Keramahan dan kehangatan adalah yang paling dasar dari semua kebutuhan pelanggan. Kita semua ingin diakui dan disambut oleh seseorang yang dengan tulus senang melihat kita. Seorang pelanggan tidak boleh merasa bahwa mereka adalah pengganggu atau orang yang tidak diharapkan.

Namun sebaliknya, pelanggan Anda akan merasa kecewa bilamana Anda bersikap acuh. Tentu hal tersebut sangat tergagnggu karena ada beberapa yang merasa bahwa sikap yang ditunjukkan oleh Anda itu merupakan sikap yang defensif. Uniknya, hal seperti ini justru sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, yang sudah memiliki cabang di beberapa kota. Mereka berpikir bahwa pelanggan yang membutuhkan mereka, bukan sebaliknya.

Berikan pelayanan maksimal dan cepat

Hal yang bisa membuat Anda disukai oleh pelanggan berikutnya adalah soal kecepatan dalam pelayanan. Sayangnya, kecepatan ini seringkali menjadi masalah yang tidak disadari oleh si pemberi layanan. Saya sendiri merasa begitu jengkel jika pelayanan yang diberikan terlalu lama, bahkan menyebabkan orang lain menunggu.

Nah, itulah 2 hal paling penting dan disukai pelanggan. Jika Anda menerapkannya, tentu hal ini akan membantu meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan kepada Anda. Namun berbeda halnya jika Anda mencoba abaikan, justru akan meruntuhkan bisnis yang sudah Anda bangun sejak lama. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan?[]

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *