3 Hal Utama Yang Perlu Perhatikan Saat Pelatihan Online

Dunia pelatihan saat ini semakin banyak dan sering dilaksanakan secara online yang yang bersifat umum, maupun khusus. Ini bukan mengenai pelatihan online yang banyak diminati orang, tetapi lebih kepada kebutuhan perusahaan ataupun perorangan akan pengetahuan dan keterampilan yang perlu terus dikembangkan.

Situasi pandemi bukan lagi menjadi penghalang perjalanan training, tapi sudah menjadi bagian hidup yang akan terus berjalan meskipun secara online.

Tidak boleh dipandang sebelah mata, bahwa pelatihan online ini menjadi sebuah pelatihan yang tidak menarik dan seadanya saja. Namun ada beberapa teknik yang membuat pelatihan online tetap mampu menyajikan interaksi dan unsur menyenangkan dalan prosesnya, maka perlu diperhatikan beberapa teknik saat pelatihan online, baik oleh training internal perusahaan maupun training provider eksternal.

Berikut ini 3 hal utama yang perlu perhatikan saat pelatihan online oleh para trainer melalui, antara lain:

Connection

Pelatihan online membutuhkan internet yang terkoneksi dengan baik dan kondisi stabil. Hal ini akan sangat membantu lancarnya perjalanan pelatihan online tanpa gangguan koneksi internet. Namun bila terjadi gangguan, tetaplah tenang. Kondisikan pelatihan dalam bentuk aktivitas atau diskusi secara berkelompok maupun perorangan, sambil mencoba untuk memperbaiki koneksinya.

Clearly Audio Visual

  • Audio / Suara yang terdengar jernih dan jelas dapat menambah kenyamanan peserta saat pelatihan online. Maka itu butuh alat tambahan dalam bentuk Earphone / Headset yang mumpuni dari segi audio in dan out nya.
  • Video yang ditampilkan butuh didukung pencahayaan yang baik. Bila memang alat yang dimiliki belum sesuai, bisa ditambahkan dengan webcam dan ring light.
  • Background, baik secara virtual maupun real. Bila ingin menggunakan virtual background yang bagus, maka gunakan green screen dan pilihlah background yang sesuai. Namun bila ingin menggunakan real background, maka pastikan tampak profesional.
  • Pakailah pakaian yang sesuai seperti layaknya pelatihan offline.
  • Slide menggunakan ukuran 16:9, agar tampilan saat share screen memenuhi layar laptopnya.

Catch Their Attention

  • Bangun suasana pelatihan tetap interaktif melalui aktivitas games dan ice breaking virtual yang ringan dan dapat diikuti semua peserta. Ini dapat menjadi hal yang tidak boleh dilupakan terutama untuk membuat peserta fokus dan konsentrasi penuh pada pelatihan yang disajikan.
  • Tarik perhatian mereka selayaknya pelatihan offline meskipun dengan segala macam keterbatasan. Disini, trainer akan diuji kreativitasnya dalam membangun suasana tetap kondusif dengan memanfaatkan fitur-fitur yang digunakan ZOOM saat pelatihan online. Mulai dari diskusi secara berkelompok melalui breakout room, tulis pertanyaan atau tanggapan di kolom chat, bertanya dan menanggapi langsung dengan unmute microphone-nya, atau bahkan memberikan reaksi tepuk tangan maupun jempol.

 

Oleh: Trias Kemiray – Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *