Terbukti Efektif, Training Online Naik 3 Kali Lipat

Training online atau dikenal juga dengan pelatihan online merupakan aktivitas yang sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas SDMnya, sehingga mereka memiliki daya “power” yang baik dalam menghadapi persaingan.

Apalagi dimasa pandemic seperti sekarang ini, diamana situasinya hampir dirasakan oleh banyak orang. Untuk itu, agar karyawan mampu beradaptasi dengan dunia yang baru, maka mereka memerlukan knowledge dan skill baru. Itulah yang menjadi latar belakang, kenapa training online semakin marak.

Hal ini pun ditunjukkan oleh Aplikasi Zoom, sebuah aplikasi yang menyediakan layanan perangkat video conference dan obrolan online, yang diproduksi oleh perusahaan teknologi komunikasi bernama Zoom Video Communication, Inc.

Menurut riset yang dilakukan oleh MDI, angka rata-rata pengguna Zoom Video Communications Inc pada bulan Maret hampir tiga kali lipat dari tim pesaing terdekatnya Microsoft Corp menurut perusahaan riset Apptopia. Peningkatan itu seiring melonjaknya permintaan untuk platform konferensi video.

Sementara itu, pengguna harian AS naik ke rekor 4,84 juta pada hari Senin untuk Zoom, ketika jutaan anak beralih ke program pembelajaran virtual dan perusahaan meminta karyawan untuk bekerja dari rumah untuk mengatasi wabah tersebut. Tim yang berfokus pada Bisnis digunakan oleh 1,56 juta pengguna pada hari yang sama, sementara Slack melihat kurang dari 500.000 pengguna.

Namun meskipun penggunanya meningkat, bukan berarti Anda bisa langsung begitu saja mengikuti program online training. Hal ini penting untuk Anda perhatikan, agar training online yang Anda ikuti tidak sia-saia.

Lalu apa sih yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda mengikuti pelatihan online? Berikut ini adalah tips untuk Anda:

Pilih program yang bisa langsung diimplementasikan

Nah, untuk bisa mengikuti pelatihan online secara efektif, cobalah untuk melihat programnya. Apakah program tersebut bisa langsung terapkan atau tidak. Karena ketika program training online bisa langsung diimplementasikan, maka akan mendukung kemajuan perusahaan. Dampaknya? Tentu pada keuntungan atau profit perusahaan.

Pilih vendor training yang tepat

Untuk bisa mendapatkan pelatihan online yang tepat, Anda tidak hanya cukup pada satu hal saja. Anda perlu patner yang tepat untuk bisa membawa dampak yang signifikan bagi kemajuan karyawan Anda. Untuk itu, sebelum melaksanakan training online ada baiknya Anda bisa meriset secara mendetil vendor training itu sendiri. Anda bisa melihat vendor training dengan pengalaman minimal 5 tahun atau 10 tahun. Namun jika Anda kesulitan menentukan pilihan, Anda bisa melihat MDI Tack sebagai vendor training yang sudah berkontribusi di Indonesia lebih dari 27 tahun.

 

Oleh: Arif Hidayat – Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *