Mau Kerja Lagi Inilah 3 Tips Mendapat Kerja Saat New Normal

Sahabat MDI, bagi Anda yang hari ini sedang mencari pekerjaan, akan banyak sekali tantangan bagi Anda saat mencari kerja. Di tengah New Normal, kondisi pasar kerja sudah jauh berubah.

Saat perputaran ekonomi melambat, banyak perusahaan yang sudah merumahkan karyawannya secara masal, bukan membuka lowongan lebar-lebar. Tapi harus dissadari bahwa sekalipun keadaan saat ini masih sulit, Anda harus tetap optimis untuk mendapatkan pekerjaan guna menyambung kehidupan Anda dan keluarga.

Berikut beberapa tips mendapatkan pekerjaan di masa New Normal:

Optimalkan Media Sosial

Saat ini kita semua masih menghadapi New Normal, artinya semua orang yang awalnya berada di rumah selama masa pandemi, akan secara bertahap kembali ke dunia kerja. Sementara itu bagi para HRD, akan benar-benar secara selektif mengurangi kembali, mempertahankan, bahkan menambah karyawan. Akan ada posisi yang hilang, namun ada juga posisi yang bertambah. Untuk itu, satu-satunya cara untuk menunjukkan diri Anda di depan publik adalah melalui dunia maya.

Dan salah satu platform yang cukup efektif untuk Anda bisa mendpatkan pekerjaan secara cepat adalah melalui media sosial seperti LinkedIn. Setelah Anda membut akun di Linkedin, pelajarilah bagaimana cara orang lain menampilkan dirinya secara unik dan menarik. Mulai dari membuat foto terbaru  yang tampak profesional, hingga menulis deskripsi diri yang akan menarik perhatian perekrut.

Latihan wawancara kerja Online

Sejak diberlakukan Work from Home (WFH), banyak  perusahaan sudah mulai terbiasa melakukan tatapmuka secara virtual. Hal tersebutlah yang tentu akan mengubah proses seleksi. Jika sebelumnya perusahaan meminta kandidat mendatangi kantor untuk melakukan wawancara kerja, kini sebagian besar proses interview dilakukan secara online.

Oleh karena itu, Anda butuh untuk berlatih wawancara secara online, baik melalui telepon atau pun video call. Jika Anda akan menghadapi wawancara via telepon, maka persiapkan diri dengan memilih ruang yang tepat untuk menerima panggilan, dan pastikan menjaga tekanan suara saat berbicara.

Sementara bagi Anda yang mengikuti wawancara dengan video call, tetaplah berpakaian rapi, pertahankan kontak mata dan senyum selama interview, dan usahakan menunjukkan posisi tubuh yang tegak namun tetap nyaman.

Mengasah keterampilan

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini competitor Anda akan melonjak secara signifikan. Oleh sebab itu, selain bersabar, Anda bisa memanfaatkan masa tunggu panggilan kerja untuk mengasah keterampilan baru atau mengikuti training online. Seperti yang disediakan di TrainingMarket.id. Anda akan diberikan berbagai pelatihan yang relevan dengan nilai investasi yang sangat murah.

Tentu hal ini akan sangat diperlukan bagi Anda, karena selain memperkaya daftar keahlian di CV Anda, juga bisa membuka peluang bagi Anda lebih luas lagi.

Tapi ingat, jangan hanya mengikuti saja, tapi pahami materi dengan serius, selesai dan tuntaskan, hingga Anda bisa mendapatkan sertifikatnya. Anda pun bisa mendapat ilmu bermanfaat sebagai bekal mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Selain itu, kunci yang harus Anda pegang saat ini adalah optimis. Percayalah bahwa meskipun terlihat sedikit berat, masih ada perusahaan yang membuka kesempatan. Siapa tahu salah satu posisi tersebut, tersedia untuk Anda. Tetap sehat, terus semangat, dan semoga kesempatan itu akan segera terlihat.

 

Oleh: Arif Hidayat – Fasilitator MDI Tack 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *