Ngantuk Saat Training Online? Begini Cara Mengatasinya!

Sahabat MDI, apakah Anda sering mengantuk saat megikuti Training Online? Atau capek dan kurang antusias saat mengikuti pelatian online? Kalau sudah begini, tentu bisa jadi masalah. Kenapa? Karena bisa menyebabkan materi yang Anda ikuti tidak bisa masuk ke kepala alias tidak Anda mengerti.

Tentu sayang sekali, bukan? Sudah ikut pelaithan online berbayar, tapi pembelajarannya gak semua masuk di kepala. Akibatnya? Tidak bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu bagaimana sih cara menghindari ngantuk saat training online? Sebenarnya ada banyak solusi untuk mengatasinya. Caranya cukup simple dan bisa Anda terapkan, yuk simak selengkapnya pembahasan kali ini:

Sediakan salad buah

Nah, bagi Anda yang suka sekali dengan camilan sehat, sudah pasti yang bakal kepikiran pertama kali adalah sayuran, atau buah-buahan segar. Tentu ini menjadi mood booster sekali ketika Anda mengikuti pelatihan online. Enggak cuma vitamin dan nutrisinya yang bikin tubuh tetap sehat, rasanya yang menyegarkan dijamin bikin pikiran fresh dan makin fokus bekerja.

Konsumsi Yogurt

Nah, cemilan selanjutnya yang pasti bikin Anda senyum-senyum adalah yogurt. Selain rasanya yang enak, mengonsumsi yoghurt juga aman buat diri Anda karena termasuk camilan sehat, lho. Olahan susunya kaya akan bakteri baik yang tentu sangat bermanfaat bagi pencernaan.

Bahkan, rasa kantukmu akan hilang dan digantikan dengan bahagia arena di dalam yogurt terdapat kandungan probiotik dalam yoghurt diklaim dapat meningkatkan kadar serotonin Anda. Dengan begitu, Anda bisa tetap semangat dalam mengikuti training online dan terhindar dari bad mood.

 

Minum Kopi Hangat/Dingin

Nah, kalau minuman satu ini siapa sih yang gak suka? Bahkan berdasarkan data dari Organisasi Kopi Internasional atau International Coffee Organization (ICO), konsumsi kopi di kalangan masyarakat Indonesia melonjak hingga 174%, yaitu dari 1,68 juta bungkus pada tahun 2000 menjadi 4,6 juta bungkus pada tahun 2016.

Berdasarkan riset dari tim MDI Tack, menurut ahli medis bernama Stephen Braun, kafein yang terdapat di dalam kopi dapat memblok reseptor untuk adenosin yaitu, senyawa yang ada di dalam otak kita yang dapat menyebabkan kantuk. Itulah sebabnya mengapa saat kita minum kopi, kita merasa tidak mengantuk dan tidak merasa lelah. Wah pastinya enak sekali kan? Jadi ketika Anda mulai menyadari akan timbul rasa kantuk, ada baiknya langsung menyeduh kopi favorit Anda.

Aktif bertanya kepada fasilitator

Ketika kami tim MDI memberikan pembelajaran, cukup sering kami bertanya kepada peserta terkait apa yang diharapkan dari sebuah pelatihan. Hal ini, tentu membuat kami bisa menyesuaikan dan menghubungkan kepada materi. Karenanya, kami pun bisa memberikan contoh-contoh pendukung dan yang dianggap relevan.

Namun, itu saja tidak cukup. Karena kedalaman sebuah materi tentu perlu didukung dengan pertanyaan / case pribadi yang dialami oleh peserta. Dengan adanya case, maka fasilitator bisa mengupas masalah dan dikorelasikan dengan materi.

Nah, tanpa disadari, pertanyaan yang baik akan membangun minat Anda dalam mengikuti training online. Kenapa? Karena ada relevansinya antara ilmu yang diberikan fasilitator dalam training online dengan kehidupan.

 

Oleh: Arif Hidayat – Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *