Lolos Prakerja? Simak Cara Menentukan Pelatihan Online yang Cocok untuk Kamu!

Lolos Prakerja? Cara Menentukan Pelatihan Online yang Cocok untuk Anda. Program Prakerja merupakan suatu usaha pemerintah untuk membantu masyarakat Indonesia. Khususnya bagi para pencari kerja untuk dapat mengembangkan kompetensinya. Dalam proses pendaftarakan Program Prakerja, kita harus mengikuti  langkah sederhana, yaitu:

  1. Mengisi biodata dengan memastikan diri tercatat sebagai Warga Negara Indonesia, minimal berusia 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  2. Mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar sacar online untuk dapat mengenali kompetensi dan potensi yang dimiliki.
  3. Memilih pelatihan yang diinginkan.

Tahap terakhir adalah tahapan yang penting untuk kita perhatikan. Pelatihan online yang kita ikuti bukan hanya dapat memberikan kita insentif setelah meyelesaikannya. Namun juga membantu kita untuk mendapatkan pekerjaan idaman yang sesuai dengan skill yang kita miliki. Melihat adanya Program Prakerja, menunjukkan bagaimana mulai pentingnya sertifikasi yang sesuai dengan bidang pekerjaan kita. Mengikuti Negara maju di luar sana, Indonesia mulai peduli akan keterampilan penduduknya. Agar dapat bekerja di bidang maupun di industri yang sesuai dengan kemampuan dirinya.

Untuk dapat memastikan bahwa pelatihan online yang kita ikuti adalah pelatihan yang tepat untuk membantu diri menaiki puncak karir, simak caranya untuk dapat menentukan pelatihan online yang cocok bagi kita:

Pilihlah pelatihan yang sesuai dengan minat pekerjaan Anda

Memilih pelatihan online yang sesuai dengan minat pekerjaan adalah satu hal yang penting untuk dilakukan. Jangan sampai kita memilih suatu pelatihan hanya karena kemudahannya untuk mendapatkan reward di akhir. Reward yang sesungguhnya dari Program Prakerja adalah keterampilan yang dapat membuat Anda bekerja di bidang yang Anda idamkan bahkan, meningkatkan karir Anda setelahnya.

Pilihlah pelatihan unik yang skill nya tidak dimiliki banyak orang

Kemampuan yang unik akan memudahkan Anda dalam mencari pekerjaan. Para pencari pekerja akan berebut mendapatkan Anda apabila mereka tahu bahwa Anda memiliki skill yang jarang dimiliki orang lain dan sedang mereka cari. Pelatihan yang unik biasanya akan membahas mengenai: bagaimana cara berpikir kreatif, tools berinovasi, dan lain sebagainya yang menggabungkan kemampuan softskill dan hard skill untuk membuat inovasi dan terus memperbaharui diri. Namun, berhatihatilah dengan pelatihan yang judulnya tidak seistimewa bahkan, tidak sesuai dengan isinya. Untuk menghindari diri dari judul pelatihan yang click bait, Anda dapat mengecek kolom penilaian yang diberikan oleh mereka yang sebelumnya telah mengambil pelatihan itu.

Pilihlah fasilitator yang mengerti mengenai perjalanan training yang dibawakannya

Tidak semua pelatihan online dibawakan oleh fasilitator yang benar-benar mengerti program yang dibawakannya. Tidak heran dalam pelatihan online, kerap kali modul satu sama lain tidak terlihat hubungannya karena fasilitator gagal menjahit atau tidak memberi jembatan yang baik antar modul untuk memperlihatkan keterkaitannya. Maka, pastikan Anda mendapatkan pelatihan dengan fasilitator yang mengerti program pelatihan yang dia bawakan, bahkan yang dapat menjelaskan materi dengan baik dan terstruktur.

Ternyata memilih pelatihan online Prakerja memang tidak begitu mudah. Kita harus bisa berhati-hati agar dapat memilih pelatihan yang tepat dan bantuan pelatihan ini tidak menjadi sia-sia. Anda ingin jalan pintas untuk memilih pelatihan yang terpercaya? Pilihlah pelatihan dari Management Development International (MDI) di trainingmarket.id.

Pengalaman MDI sudah lebih dari 27 tahun di bidang pengembangan SDM, dan pelatihan karyawan, tidak heran kalau materinya juga pasti berguna, menumbuhkan daya saing yang kuat dan dikemas dengan apik juga ciamik! Kunjungi trainingmarket.id segera!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *