Apakah benar Training Online akan Menjadi Future of Education

Apakah benar Training Online akan Menjadi Future of Education? Hadir secara fisik di ruang kelas bukan menjadi satu-satunya pilihan belajar saat ini. Munculnya Internet dan teknologi baru saat ini, mendorong konsep pelatihan karyawan. Dari yang dilakukan secara tatap muka (pelatihan offline) menjadi pelatihan karyawan yang dilakukan secara online.

Saat ini kita semua memiliki akses ke dalam pelatihan yang berkualitas kapanpun dan dimanapun, selama kita memiliki akses ke internet. Kita saat ini memasuki era baru dalam sebuah pelatihan karyawan.

Tentunya masih ada keraguan seputar pelatihan karyawan dengan metode online. Ada sedikit kesulitan untuk memahami gagasan meninggalkan ruang kelas konvensional, terutama jika menghadapi “ruang kelas” online. Tetapi saat ini, pandemic covid 19 membuat kita harus mencari pilihan lain untuk pelatihan karyawan.

Training online bisa menjadi pilihan yang masuk akal untuk dilakukan saat ini, di tengah pandemic, di saat produktifitas di pertanyakan saat melakukan work of home.  Metode pelatihan secara online, dapat menjadi solusi dalam mempertahankan “produktifitas” karyawan Anda di saat sekarang ini, metode ini bisa menjadi metode pembelajaran yang berguna untuk mengasah keterampilan karyawan Anda.

Terdapat paling tidak 3 alasan mengapa Anda dan organisasi Anda harus mulai melakukan training online untuk para karyawan. 

Perusahaan bisa lebih menghemat anggaran

Biaya mengadakan pelatihan online sudah tentu akan lebih hemat dibandingkan biaya mengadakan pelatihan offline (tatap muka). Tidak seperti pelatihan offline (tatap muka), pelatihan online cenderung lebih terjangkau.

Hal ini memungkinkan perusahaan Anda melakukan pengelolaan anggaran lebih baik. Menghemat anggaran tetapi tetap mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi para karyawan Anda akan menjadi sebuah hal yang sangat menarik.

Pelatihan online lebih fleksibel

Menggunakan metode pelatihan online, memungkinkan terjadinya keseimbangan yang lebih baik antara pekerjaan dan pelatihan yang akan dilakukan. Pelatihan online memungkinkan trainer dan peserta untuk mengatur kecepatan belajar mereka, dan terdapat fleksibilitas dalam mengatur jadwal yang sesuai dengan agenda semua orang.

Pelatihan online yang efektif hanya perlu dilakukan selama 2 jam di sela-sela waktu bekerja para karyawan, pelatihan online mengajarkan Anda keterampilan manajemen waktu yang penting, yang akan membuat Anda lebih mudah menemukan keseimbangan antara pekerjaan dan juga pelatihan.

Merasakan pengalaman belajar yang baru

Kelas pelatihan online cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan kelas pelatihan offline (tatap muka). Hal ini memungkinkan interaksi yang lebih besar dan akan menghasilkan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan feedback dari trainer Anda.

Belum lagi Anda akan menjumpai akses ke materi dalam bentuk yang lebih beragam mulai dari studi kasus yang dilakukan secara virtual, gameboard virtual, role play dengan bentuk yang lebih seru karena mengandung unsur permainan didalamnya, dan juga diskusi yang tetap dapat dilakukan selama mengikuti pelatihan online ini. Dan ini semua tersedia kapan saja dan darimana saja, sehingga ini akan menawarkan Anda pelatihan yang lebih dinamis sesuai dengan kebutuhan organisasi Anda.

 

Nah, itulah 3 alasan mengapa Anda dan organisasi Anda harus mulai melakukan pelatihan online untuk para karyawan. Berdasarkan pengalaman kami, peserta pelatihan online mendapatkan pengalaman belajar yang tidak kalah seru dengan pelatihan offline (tatap muka) yang pernah mereka lakukan.

Meskipun alternative pelatihan online ini belum tentu bisa cocok dengan semua materi pelatihan karyawan, tetapi ini merupakan pilihan yang patut untuk di pertimbangkan untuk segera dilakukan di organisasi Anda. Pastikan organisasi Anda memilih vendor pelatihan karyawan yang tepat, dan sudah berpengalaman dalam melaksanakan pelatihan online.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *