Sering ngantuk Saat Pelatihan Online Simak Cara Mengikutinya

Pelatihan online saat ini menjadi hal yang semakin sering kita jumpai. Banyak juga yang mempertanyakan, apakah pelatihan online akan sama efektifnya dengan pelatihan offline (tatap muka).

Minimnya interaksi dan kemungkinan banyaknya gangguan yang membuat efektifitas pelatihan online sering dipertanyakan. Terkadang kita juga sering mengalami kesulitan untuk tetap “terjaga” saat pelatihan sedang berlangsung, apa lagi jika pelatihan online dilaksanakan lebih dari 2jam.

Berikut ada 5 most effective tips yang bisa dilakukan agar pelatihan online yang kita ikuti tidak terganggu oleh rasa kantuk:

Pertama, pastikan ruangan anda memiliki pencahayaan yang baik

Kesalahan yang kerap kali terjadi pada saat mengikuti pelatihan online adalah menggunakan ruangan dengan pencahayaan seadanya. Pastikan ruangan anda terang dan jaga agar ruangan itu tetap terang. Karena ruangan dengan pencahayaan yang kurang, akan membuat anda merasa “nyaman”, dan rasa nyaman tersebut akan membuat anda “teringat” dengan tempat tidur anda.

Kedua, perhatikan tempat anda duduk

Posisi duduk anda juga merupakan bagian penting didalam mengikuti pelatihan online. Pastikan anda duduk di kursi yang memiliki sandaran punggung yang baik, ini akan membantu anda untuk tetap aktif dan “waspada”. Duduk tanpa menggunakan kursi akan membuat anda “tergoda” untuk berbaring sejenak, dan jika anda sudah mulai berbaring dan menyamankan diri anda, maka anda akan mulai masuk ke mode malas, dan akhirnya anda akan mulai mengantuk. Dengan duduk di kursi memungkinkan anda untuk dapat menggerakan anggota tubuh anda, dan menggerakan anggota tubuh anda secara berkala akan membantu anda untuk tetap terjaga.

Ketiga, hindari makanan “berat”

Kita semua pasti pernah merasakan perasaan mengantuk setelah kita makan. Dan jika anda mengikuti pelatihan online dengan suasana hati yang “tertidur” akan sulit sekali menahan rasa kantuk yang tiba-tiba datang. Sebenarnya, setelah kita makan berat, kita akan merasa kenyang dan dilanjutkan dengan perasaan rileks, nah setelah itu kita akan berjuang untuk membuat mata kita tetap terbuka. Kelesuan yang muncul akan membuat kita merasa kehilangan fokus, dan berakibat kita menjadi merasa malas, lalu akhirnya kemungkinan besar kita akan memilih untuk segera tidur. Mengikuti pelatihan online bukan berarti harus membuat anda bertarung dengan rasa lapar, tetapi apa yang akan anda konsumsi usahakan bukan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan pastikan porsi makanan anda tidak terlalu banyak.

Keempat, banyak minum air mineral

Meminum air direkomendasikan tidak hanya untuk membuat Anda tetap terhidrasi tetapi juga untuk membuat Anda tetap waspada. Sebenarnya, itu adalah trik terbaik yang diterapkan sebagian besar peserta pelatihan online. Meminum air dalam jumlah yang cukup membantu otak tetap terhidrasi dengan baik, dan meningkatkan daya ingat. Meminum banyak air mineral membantu anda untuk tetap waspada.

Kelima, menjaga tubuh anda untuk tetap bergerak

Jika anda terus berada di posisi stagnan selama pelatihan online berlangsung, kemungkinan besar anda akan dikelilingi rasa malas dan kantuk. Jadi saat anda mulai merasakan hawa kantuk, mulai lah bangun dari kursi anda, lalu lakukan gerakan – gerakan kecil, renggangkan kaki dan lengan anda. Melakukan gerakan – gerakan kecil akan membantu mempertahankan fokus anda.

Sering ngantuk saat pelatihan online sering di alami oleh setiap peserta pelatihan. Dengan memahami dan mencoba melakukan kelima tips di atas, akan membantu anda untuk tetap terjaga selama pelatihan online berlangsung. Dan pastinya penyelengara pelatihan online yang baik, akan selalu membuat suasana pelatihan tetap seru dan menarik, sehingga minat peserta pelatihan akan tetap terjaga dari awal sesi sampai sesi pelatihan berakhir. Jika anda ingin merasakan pengalaman pelatihan online yang selalu membuat peserta pelatihan online terjaga, silahkan hubungi trainer consultant kami.

 

Oleh: Romy Sardji – Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *