5 Pelatihan Online Yang Paling Diminati Saat Ini

Dengan berjalannya waktu, semakin lama kita dihadapkan dengan penerapan teknologi dalam sebagian besar aktivitasnya. Begitupun proses pembelajaran atau pelatihan saat ini.

Banyak sekali penawaran model pelatihan secara online yang tidak kalah manfaatnya dengan pelatihan offline. Jaman sudah mulai beralih ke arah online, sehingga menuntut kita untuk memiliki kemampuan berbeda dari biasanya.

Semenjak pandemi Covid-19, hampir seluruh aktivitas dilakukan di rumah, sehingga mendorong semua orang untuk keluar dari zona nyamannya. Salah satunya adalah pelatihan online yang kini semakin lama semakin banyak peminatnya.

Bila diamati secara seksama, ada 5 macam pelatihan online yang saat ini paling diminati banyak orang, tentunya lebih kombinasi antara hard skill dan soft skill, antara lain berkaitan dengan:

  • Kreativitas

Semua industri, lebih mendorong kita untuk lebih kreatif dan inovatif. Dalam mendukung hal tersebut, banyak lembaga pelatihan membuka pelatihan yang berkaitan denagn kreativitas, seperti bangun bisnis online, content creator, design grafis, dll. Saat ini pelatihan tersebut semakin bertumbuh peminatnya, karena mudah dipelajari secara mandiri.

  • Persuasif

Komunikasi akan berdampak efektif bila salah satunya mampu meyakinkan orang lain. Dalam meyakinkan orang lain tidak mudah, karena butuh teknik tertentu dalam menjalankannya. Pelatihan ini biasanya dikhususkan untuk lebih meningkatkan komunikasi virtual antar lini dalam perusahaan maupun dengan perusahaan lain.

  • Kolaborasi

Pelatihan ini diminati karena untuk meningkatkan dan menjalin keterikatan satu dengan yang lainnya. Karena saat ini komunikasi yang dilakukan lebih banyak menggunakan teknologi (kurangnya tatap muka langsung), sedangkan aktivitas perlu melibatkan para pihak agar project yang sedang dijalankan dapat berjalan sebagaimana mestinya. 

  • Kemampuan Beradaptasi

Situasi yang semakin tidak pasti, membuat kita harus mampu beradaptasi. Pelatihan ini berupa pemahaman jalan pemikiran (mindset) bahwa perubahan setiap saat akan terjadi. Namun tidak terlepas dengan tetap memberikan motivasi agar mampu keluar dari masalah dengan menemukan berbagai macam solusi.

  • Kecerdasan Emosional

Tidak sedikit kondisi terkini membuat banyak sekali orang mengalami stres, depresi, cemas, dan penyakit mental lain, dimana berdampak pada kinerja dan kesehatan fisik tubuhnya. Maka itu pelatihan ini sangat membantu untuk bisa merelaksasikan dan mengetahui tingkat emosi yang terjadi, kemudian mulai mencoba untuk memahami dan  mengendalikannya secara mandiri.

 

Oleh: Trias Kemiray – Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *