3 Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Kepemimpinan

3 tips untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak pihak. Tanpa terkecuali, termasuk di kantor, dan bisnis. Akan senantiasa ada orang yang bertugas untuk memimpin, dan memberikan intruksi atau arahan dan untuk bawahannya.

Namun, tidak semua pemimpin disetiap organisasi memiliki gaya kepemimpinan yang sama. Bisa jadi pemimpin di tempat A dinilai sebagai pemimpin yang Kharismatik, tapi di tempat B dinilai sebagai pemimpin yang Arif.

Gak mudah kan untuk jadi pemimpin? Untuk itu sebagai seorang pemimpin, penting sekali bagi Anda untuk bisa meningkatkan kualitas kepemimpinan Anda. Lalu bagaimanakah caranya? Berikut ini 3 tips untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan Anda:

1. Menunjukkan ketegasan

Seorang pemimpin akan dilihat dari ketegasannya dalam memberikan perintah. Namun yang harus menjadi catatan adalah tegas tidaklah harus keras, bukan pula terasa lembek. Sikap yang tegas  ini dibutuhkan agar pemimpin tersebut menjadi pemimpin yang berintegritas.

2. ReLa(kan) saja

Sebagai seorang pemimpin rela merupakan kunci dimana Anda akan mendapatkan ketenangan. Karena dengan rela, Anda akan ikhlas dalam menjalankan setiap hal. 

Namun begitu, re-la adalah kepanjangan dari Rencanakan dan Laksanakan. Sebagai pemimpin tentu Anda perlu untuk merencanakan sebelum melaksanakan. Perencanaan merupakan hal penting yang diperlukan dalam kepemimpinan. Dengan adanya perencanaan akan memberikan arah yang konkrit bagi organisasi dan action yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran.

Bukan hanya sebatas merencanakan saja, Anda juga perlu melaksanakan apa yang sudah Anda rencanakan. Jangan sampai membuat itu menjadi hal yang terpisah.

3.Delegasikan kepada yang lain

Tidak semua yang Anda rencanakan, Anda borong semua untuk dikerjakan. Kenapa? Karena Anda berada dilingkungan organisasi, yang artinya ada banyak orang yang tergabung dan disebut sebagai tim. Artinya, semua orang ikut terlibat dan mendukung apa yang sudah direncanakan.

Nah, sebagai seorang pemimpin penting bagi Anda bisa mendelegasikan tugas. Hanya saja, proses delegasi seringkali tidaklah mudah. Kenapa? Karena adanya hambatan komunikasi. Untuk itu sebelum Anda mendelegasikan, penting bagi Anda bisa mempersiapkannya dengan baik.

Nah, itulah Semoga artikel mengenai 3 tips untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan. Namun, untuk bisa meningkatkan kualitas kepemimpinan Anda, tentu saja 3 tips di atas tidaklah cukup. Anda perlu mengikuti pelatihan terkait leadership, sehingga kualitas Anda bisa lebih terukur. Semoga bermanfaat ya!

 

Oleh: Arif Hidayat – Fasilitator MDI Tack

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *