4 Alasan Video Learning Menjadi Solusi Tepat Di New Era

Alasan video learning menjadi solusi tepat di New Era. Video pembelajaran/Video Learning saat ini menjadi salah satu metode yang dipilih sebagai media untuk mentransfer pengetahuan dan dapat digunakan sebagai bagian dari proses belajar.

Penggunaan Video Learning sebenarnya dapat membantu proses training menjadi lebih interaktif dan spesifik bila dibandingkan dengan metode pembelajaran lainnya. Apalagi di New Era setelah munculnya pandemi, dibutuhkan metode training yang dapat menjawab kebutuhan perusahaan namun juga benar-benar memiliki nilai sehingga layak untuk dilakukan.

Berikut adalah penjelasan empat alasan, mengapa Video Learning dapat menjadi solusi yang tepat di New Era ini:

1. Efektifas dan Efisiensi Waktu

Penggunaan  Video  Learning lebih efektif dalam memberikan penjelasan dengan waktu yang lebih  singkat. Semakin singkat durasi dari video dengan penjelasan yang lebih padat maka pembelajaran dapat lebih bermanfaat dan diterima, karena peserta justru bisa lebih mudah memahami dengan video yang singkat namun mencakup seluruh materi pembelajaran, dibandingkan dengan video durasi panjang yang cenderung membosankan.

Efisiensi waktu yang menjadi prioritas peserta bukan lagi halangan. Padatnya kesibukan membuat peserta terkadang merasa kekurangan waktu untuk mengikuti training. Metode Video Learning dapat ditonton untuk dipelajari di mana saja dan kapan saja. Sehingga memberi kemudahan bagi tiap peserta training dalam mengatur waktunya.

2. Kegiatan Belajar di Era yang Baru

Sesuatu yang baru akan lebih menarik bagi peserta. Bagi Peserta pengalaman baru adalah hal yang menyegarkan. Keberadaan Video di era digital seperti ini semakin diminati bagi banyak orang, termasuk para praktisi training. Video bukan hanya dianggap mudah untuk digunakan tetapi juga, dapat menjangkau jumlah peserta dengan lebih banyak. Jangkauan yang didapat dengan metode ini bisa lebih luas membuat biaya yang dibutuhkan untuk training lebih terjangkau karena memangkas banyak biaya transportasi dan akomodasi.

3 . Mudah Dimengerti

Video Learning dibuat dengan gambar bergerak dan bersuara yang menjelaskan isi dari materi training secara lebih realistis Dengan didukung desain grafis yang canggih dan minim teks, peserta akan lebih mudah menyerap informasi. Informasi di dalam Video Learning lebih banyak dijelasan secara visual sehingga, memberi kemudahan bagi peserta untuk memahami materi yang disampaikan. Materi yang disampaikan dengan contoh pun dapat dengan mudah diterapkan dalam keseharian peserta. Dengan contoh yang ditonton langsung, peserta diharapkan dengan mudah meniru ataupun memodifikasi skill mereka sesuai dengan training yang diberikan.

4. Mendukung Kegiatan Training Lebih Aktif

Video Learning memberikan kesempatan peserta training untuk berperan aktif di masa training berlangsung. Berguna dan baru bisa berjalan efektif apabila ada respon atau interaksi dari peserta. Untuk dapat menunjukkan keaktifan, peserta dapat memberikan pendapat, analisa dan membagikan pengalaman langsung berdasarkan video yang mereka tonton dan pelajari.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *