Manfaat Mengintegrasikan Online Assessment Ke Dalam Sesi Pelatihan Karyawan

Adakah Manfaat Mengintegrasikan Online Assessment Di Pelatihan Karyawan? Di dalam sesi pelatihan, baik itu pelatihan offline maupun virtual training, kemungkinan terdapat asesmen di dalamnya. Contoh saja pelatihan mengenai kepemimpinan, bisa jadi mengandung asesmen gaya kepemimpinan, asesmen tingkat kematangan anak buah, dan lain sebagainya.

Dahulu, asesmen-asesmen ini seringnya dilakukan secara manual menggunakan kertas. Namun, dengan berkembangnya teknologi, asesmen digital kini semakin tersedia, dan semakin mudah diakses.

Berikut manfaat dari menggunakan online assessment di dalam sesi pelatihan karyawan:

Efisiensi waktu

Asesmen konvensional akan cukup memakan waktu. Proses membagikan asesmen, dan proses penilaian asesmen akan memakan waktu yang cukup banyak.

Asesmen yang dilakukan secara online bisa memangkas ini semua. Memang dahulu kita terkedala pada kecepatan koneksi internet, namun sekarang ini dengan kecepatan 4G yang sudah lumayan mumpuni, atau bahkan era 5G yang akan segera hadir, membuat akses ke online assessment akan semakin reliable.

Belum lagi kemungkinan kesalahan pada saat memberikan skor jika dilakukan secara manual, bisa kita hindari dengan menggunakan online assessment. Penyajian hasil penilaian dapat diakses secara instan dan dengan tampilan yang memudahkan untuk dianalisis.

Perekaman data

Asesmen konvensional memerlukan aktivitas merekap data yang seringkali dilakukan secara manual. Disini sudah muncul risiko kesalahan pada saat rekap data. Asesmen online secara digital akan sangat memudahkan dalam perekaman data. Hasil asesmen dapat di ‘export’ kedalam file-file yang bisa diintegrasikan dengan aplikasi pengolahan data, entah itu Excel atau SPSS.

Perekaman data juga akan lebih rapih karena file-file bersifat digital, dan dapat dengan mudah diakses kembali. Jika data-data terkait asesmen Anda cukup banyak dan besar, maka kita bisa mengembangkan sistem database sebagai wadah dalam pengelolaan data asesmen.

Fitur ‘logic piping’

Salah satu keunggulan dari online assessment adalah adanya fitur logic piping. Dimana jawaban dari suatu pertanyaan dapat mengarahkan ke pertanyaan tertentu yang kita bisa setel sebelumnya. Dari segi teknis pengisian, ini akan sangat menghemat waktu. Namun dari sisi kompleksitas asesmen, ini memungkinkan kita untuk melakukan asesmen yang lebih kompleks.

Jika fitur ini digunakan dalam kelas pelatihan, maka bisa membuat asesmen dilakukan secara lebih menyenangkan. Ini juga memberikan nilai tambah dari pelatihan tersebut. Peserta akan merasa lebih nyaman dan ‘engaged’ dengan sesi pelatihan.

Sekarang ini, apapun kelas pelatihan yang diadakan, baik itu offline tatap muka, ataupun virtual, online assessment bisa memerkaya kelas pelatihan tersebut. Dengan biaya yang semakin terjangkau, online assessment menjadi pilihan yang tepat untuk diintegrasikan kedalam kelas pelatihan. Selamat mencoba.[]

 

Ditulis oleh

Billy Johanes Siby

Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *