Seberapa Pentingnya Mengadakan Pelatihan Karyawan Ditengah Pandemic

Di masa pandemic seperti saat ini, banyak perusahaan yang mengurangi kegiatan-kegiatan yang dianggap bukan jadi prioritas. Dari beberapa kegiatan yang ada, salah satunya adalah pelatihan karyawan dan pengembangan SDM.

Padahal perusahaan selalu membutuhkan tenaga-tenaga yang berkompeten di bidangnya untuk meningkatkan profit dan perkembangan perusahaan, dan umumnya pelatihan kerja atau training dalam sebuah perusahaan selalu berhubungan erat dengan hasil kinerja karyawan di perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, pelatihan karyawan dan pengembangan SDM menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh perusahaan. Training dinilai sebagai salah satu media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan karyawan dan mendukung laju perkembangan perusahaan.

Mengapa pelatihan karyawan dan pengembangan SDM tetap penting di saat pandemi

Pada dasarnya, terdapat 3 hal yang menjadi tujuan atau objectivitas yang ingin dicapai dari sebuah pelatihan karyawan dan pengembangan sdm.

Pertama para karyawan diberikan pelatihan, diharapkan mendapatkan ilmu pengetahuan yang cukup agar dapat membantu mereka dalam mengerjakan pekerjaannya setiap hari, dan diharapkan dengan pelatihan yang diikuti para karyawan akan menghasilkan inovasi-inovasi baru.

Kedua para karyawan yang telah memiliki ilmu pengetahuan yang cukup tadi, mau mengaplikasikan ilmu yang didapat agar dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki dan mampu melakukan tugas saat ditempatkan pada proses yang telah ditentukan.

Ketiga para karyawan memiliki sikap yang mampu memotivasinya untuk mau meningkatkan pengetahuan yang di miliki, mengaplikasikannya lalu membuat kemampuan nya bertambah, dan akan berimbas kepada produktivitasnya dalam bekerja.

Tujuan yang ingin dicapai dari program training karyawan tersebut pada dasarnya untuk mendukung kelancaran operasional dan produktivitas perusahaan.

Apa saja manfaat yang didapatkan jika karyawan Anda tetap melakukan pelatihan di saat pandemi

Sebuah pelatihan karyawan dan pengembangan SDM akan menghasilkan manfaat bukan hanya untuk karyawan itu sendiri tetapi juga terdapat manfaat yang dapat dirasakan oleh perusahaan dan para manajer.

Manfaat bagi perusahaan antara lain, meningkatkan produktivitas kerja, meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja, meningkatkan mutu hasil kerja, meningkatkan sales & profit, mengurangi biaya yang timbul karena waktu yang terbuang akibat kesalahan-kesalahan dan yang paling penting adalah dengan mengikuti pelatihan maka karyawan akan mampu memberikan inovasi-inovasi baru yang nantinya akan membantu perusahaan tetap produktif di masa pandemic.

Manfaat bagi manajer / atasan antara lain, tugas dan pekerjaan dapat berjalan lancar kapan pun dan di mana pun, memiliki karyawan yang ahli dan terampil, dapat mendelegasikan lebih banyak tugas dan tanggung jawab kepada karyawan dan terlepas dari hal-hal kecil yang bukan porsinya untuk ditangani.

Manfaat bagi karyawan antara lain, memahami pekerjaan dan budaya kerja di perusahaan, meningkatkan rasa percaya diri, menambah pengetahuan dan keterampilan di bidangnya, meningkatkan kepuasan kerja dan memiliki inovasi-inovasi baru yang kedepannya akan membantu perusahaan tetap produktif di masa pandemic.

Ada banyak perusahaan yang justru meningkatkan pelatihan karyawan dan pengembangan SDM di masa krisis, karena menurut pendapat mereka, ini adalah waktu yang tepat untuk menambah knowledge, meningkatkan skill, dan memperbaiki attitude dalam bekerja, sehingga para karyawan akan tetap produktiv di masa pandemi.

 

Stay Safe, Stay Healthy, Keep Learning.

From all of us in MDI with Love

 

MDI Your Partner in New Normal

 

NB: Apabila Anda ingin tahu, tentang panduan aman training tatap muka di era new normal, Anda bisa mendapatkannya pada tautan berikut ini: https://www.mditack.co.id/panduan-era-new-normal/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *