3 Hal Yang Dapat Membuat Pelatihan Karyawan Di Masa Pandemi Tetap Efektif

Salah satu bentuk investasi sebuah perusahaan adalah dengan mengadakan pelatihan karyawan. Tetapi hal itu menjadi terkedala dengan adanya kondisi pandemic covid 19 seperti saat ini.

Banyak perusahaan akhirnya sementara menunda kegiatan pelatihan karyawan selama pandemic. Namun sebenarnya keadaan saat ini seharusnya tidak menghalangi perusahaan untuk tetap menjalankan program pengembangan karyawan.

Jika setiap perusahaan saat ini memilih untuk melihat dari sisi bahwa masalah yang ada saat ini bukan merupakan hambatan, melainkan sebuah peluang maka pelatihan karyawan sangat tepat jika di lakukan saat ini.

Kenapa ini saat yang tepat untuk melakukan pelatihan karyawan?

Perusahaan dapat mengisi waktu kerja para karyawannya justru dengan mengikuti kegiatan pelatihan karyawan, ada banyak metode pelatihan yang dapat dipilih salah satunya adalah metode online training.

Lalu bagaimana agar pelatihan dengan metode online training ini dapat berjalan dengan baik dan efektif?

Berikut 3 hal yang dapat membuat pelatihan karyawan di masa pandemi ini tetap efektif.

#1. Pahami apa itu online training

Hal pertama yang perlu dilakukan setiap perusahaan adalah memahami dengan benar, metode online training. Apa saja yang menjadi kelebihan metode ini, ada metode apa saja didalam metode online training ini, dan bagaimana metode ini akan dapat menghasilkan pelatihan karyawan yang efektif.

#2. Libatkan Para Atasan

Setelah menemukan metode yang dirasa tepat, langkah selanjutnya adalah libatkan para atasan dalam pelaksanaan pelatihan karyawan ini. Bahkan kalau memungkinkan buat pelatihan khusus untuk para atasan sebagai langkah “pengenalan” terhadap metode online training ini.

Setelah itu sisipkan satu sesi dimana Anda mengundang salah satu atasan yang pernah merasakan keseruan pelatihan dengan menggunakan metode ini. Dengan melibatkan para atasan mereka, karyawan Anda akan menjadi lebih antusias.

#3. Mempertahankan Sentuhan Manusia

Tantangan memberikan pelatihan online adalah jarak dan keterbatasan interkasi secara langsung. Keterbatasan ini akan berpengaruh terhadap perhatian karyawan Anda. Jika program Anda ingin berjalan dengan baik dan efektif, Anda harus mempertahankan sentuhan manusia meski terhalang oleh jarak.

Itulah tiga langkah agar Anda tetap bisa menjalankan pengembangan karyawan secara efektif dan baik. Ketika pandemi ini Anda juga harus memperhatikan tingkat engagement atau rasa keterikatan karyawan Anda, melihat kondisi para karyawan yang sedang WFH. Oleh karena itu Anda harus berhasil menemukan metode yang tepat untuk pelaksanaan pelatihan karyawan di perusahaan Anda.

Salah satu pelatihan online training yang efektif saat ini adalah pelatihan karyawan dengan metode blended learning. Pelatihan yang menggabungkan beberapa metode pelatihan online training menjadi satu pelatihan yang efektif.

 

Itulah 3 hal yang dapat membuat pelatihan karyawan di masa pandemi tetap efektif.

 

Ditulis oleh:

Romy Sardji

Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *