Peran Online Training dalam pengembangan SDM

Era modernisasi sekarang ini kita sebagai orang yang masih aktif bekerja. Baik itu karyawan swasta atau pegawai negeri perlu mengembangkan diri agar ilmu dan ketrampilan kita terus mengikuti perkembangan jaman.

Salah satu cara menuju  berkembanganya adalah dengan cara mengikuti training. Baik training online maupun training offline.

Peran Online Training dalam pengembangan SDM ini dapat efective untuk meningkatkan pengetahuan karyawan yang menjalankannya. Apalagi pada saat sekarang ini, banyak dari karyawan yang menjalankan bekerja dari rumah sesuai dengan anjuran pemerintah karena terkait dengan Covid-19.

Tentu Online training sangat membantu para karyawan karena bisa dijalankan / mengikuti kegiatan tersebut dari rumah.

Online Training atau pelatihan online atau Virtual Learning adalah kegiatan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diberikan baik dalam kelas maupun diluar kelas pada seseorang atau sekelompok orang bertujuan untuk menghilangkan GAP atau perbedaan antara kemampuan yang sekarang dimiliki dengan kemampuan standard yang ditetapkan.

Proses pelaksanaannya ialah mempelajari dan mempraktekkan dengan menuruti standard acuan tertentu atau prosedur sehingga menjadi kebiasaan yang pada hasilnya nanti terlihat adanya perubahan, perbaikan ditempat kerja.

Dari ulasan diatas tentu kita dapat mengerti bahwa peran online training ini sangat besar dalam pengembangan SDM. Karena sesorang yang tadinya hanya standard pengetahuannya dan setelah mengikuti online training yang berbuhungan dengan sumber daya manusia, maka lebih berkembanglah kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan orang tersebut.

Dari segi perusahaan apa manfaat yang didapat bila karyawannya sudah menjalankan online training untuk pengembangan sdm?

Diantaranya adalah perusahaan jadi memiliki tenaga kerja yang ahli dan terampil, yang bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas serta meningkatkan produktivitas dalam bekerja hingga mendapatkan hasil akhir sesuai harapan.

Begitupun dari segi finansial perusahaan hingga dapat mengurangi biaya dan waktu yang terbuang dengan demikian bisa meningkatkan keuntungan atau laba perusahaan.

Sedemikian besar peranan online training dalam pengembangan sdm hingga perusahaan tersebut mempunyai karyawan yang termotivikasi dan merasa memiliki perusahaan dan pada akhirnya bisa membantu peningkatan image positive perusahaan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *