Memotivasi Pembelajaran Karyawan Jaman “Now” dengan Virtual Learning

Motivasi Pembelajaran Karyawan Jaman “Now” dengan Virtual Learning. Karyawan jaman “Now” dapat bekerja secara remote dengan memanfaatkan teknologi. Tidak jarang mereka memerlukan solusi cepat dan motivasi untuk tantangan pekerjaan yang sedang mereka hadapi. Maka dari itu, banyak organisasi berusaha memfasilitasi pembelajaran secara remote untuk menjawab kebutuhan ini.

Virtual learning menjadi salah satu solusi yang banyak dimanfaatkan berbagai organisasi. Untuk memungkinkan pembelajaran secara remote sebagai pelengkap training model workshop tatap muka.

Virtual learning adalah pembelajaran singkat yang berfokus pada isu tertentu.

Virtual learning biasanya merupakan pecahan dari suatu sasaran pembelajaran atau proses kerja yang lebih besar sehingga menjadi disukai karena karyawan dapat memilih sesuai kebutuhan spesifiknya.

Namun, perlu dipahami juga bahwa virtual learning memiliki keterbatasan sehingga perlu dikelola secara benar. Agar sasaran pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai secara efektif. Organisasi perlu berhati-hati dalam pengelolaan remote learning agar virtual learning tidak menjadi “mahal” di kemudian hari. Karena tidak tercapainya sasaran pembelajaran untuk mengubah mindset, perilaku dan keterampilan.

Pembelajaran secara remote dapat efektif sampai batasan tertentu dan dirasa belum dapat sepenuhnya menggantikan efektifitas workshop tatap muka. Karenanya, banyak organisasi kemudian memanfaatkan variasi metode pembelajaran untuk mendukung kontinuitas pembelajaran karyawannya. Agar dapat mengubah mindset, perilaku dan keterampilan secara jangka panjang. Mereka menerapkan metode “blended learning” yang menggabungkan berbagai aktivitas virtual learning. Sebagai aktivitas sebelum dan setelah workshop tatap muka untuk meningkatkan proses pembelajaran dan monitoring implementasi pembelajaran.

Terdapat berbagai variasi metode remote yang digunakan dalam virtual learning. Dua yang utama adalah video learning dan virtual workshop. Video learning merupakan pembelajaran satu arah dengan menonton video terkait tips, konsep, sharing, dan sebagainya. Sedangkan virtual workshop adalah pembelajaran melalui interaksi live dengan fasilitator dan peserta lainnya dengan media online. Setiap metode memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing dan dapat efektif jika tepat sasaran dan tepat waktu.

Mari hubungi kami untuk mendiskusikan lebih lanjut bagaimana kita dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran secara remote dengan video learning dan virtual workshop dalam mendukung pengembangan SDM Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *