3 Cara Cepat Jadi Pemimpin Terpercaya

Lelah dengan tingkah karyawan? Selain faktor banyaknya tanggung jawab pekerjaan yang dirasakan pemimpin, sikap buruk karyawan merupakan faktor penting yang akan membuat Anda merasa susah tidur tenang. Sikap buruk seperti apa sih yang biasa Anda dapat dari karyawan?

  • Susah diatur atau sering meninggalkan pekerjaan?
  • Sering telat?
  • Tidak pernah atau telat memberikan laporan?
  • Angkuh?
  • Penampilan tidak rapih?

Pasti lebih banyak lagi hal lain dari sikap buruk yang ditunjukan karyawan. Ini menjadi pertanyaan apa yang menyebabkan karyawan berani melakukan sikap seperti itu saat akan berkarir. Kurangnya kepercayaan adalah satu diantara penyebab sikap bawahan tidak menghargai Anda sebagai pemimpin, hasilnya mereka pun berani bertingkah semaunya. Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi pemimpin terpercaya?

  1. Kecerdasan Perkuat Kepemimpinan

Memiliki wawasan luas akan membantu mengembangkan perusahaan Anda. Kecerdasan adalah kemampuan dalam diri manusia, seperti pengetahuan yang dimiliki untuk fokus dalam memecahkan masalah. Tetapi kecerdasan harus terus berkembang dan diperkaya, kembangkan keterampilan kepemimpinan Anda dengan mengikuti pelatihan kepemimpinan ataupun pendidikan lain yang akan bisa membantu Anda untuk pengembangan SDM.

  1. Berkomitmen Tanpa Ego

Tepat dan tegas mengambil keputusan dapat menunjukan sikap kewibawaan yang diperlukan seorang pemimpin. Walaupun pemimpin adalah penentu keputusan namun segala sesuatu akan lebih baik didiskusikan pada tim Anda, menghargai hasil dari ide yang mereka lakukan, mengatur tingkat emosi didepan karyawan Anda. Hal itu akan membuat Anda tidak terlihat egois dalam melakukan pekerjaan yang memiliki tujuan bersama dengan tim Anda.

  1. Displin Menjadi Cermin Bagi Karyawan

“Untuk bisa sukses dalam karir, keterampilan bukan hal utama. Hal yang lebih penting dari itu adalah sikap dan perilaku Anda” – Direktur MDI Tack, Reynard Praharsa.

Pemimpin yang disiplin akan memberikan contoh bagi karyawan dan dapat dihargai. Contoh sederhana berpengaruh besar adalah disiplin waktu, datang kekantor tepat waktu akan membuat karyawan Anda yang sering telat merasa sadar untuk datang lebih dahulu dari Anda. Menentukan jadwal pekerjaan tepat waktu, jika hal itu berhubungan dengan client menyelesaikan pekerjaan tepat waktu adalah hal lebih baik agar mendapat kepercayaan dari client hingga karyawan Anda.

Tiga hal diatas adalah konsep dasar menjadi pemimpin terpercaya, namun menjadi seorang pemimpin juga diperlukan pengembangan diri Anda. Seringlah membaca tentang bagaimana menjadi seorang leader yang baik dan mengikuti pelatihan kepimpinan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *