3 CARA SEDERHANA PEMIMPIN MEMBERIKAN UMPAN BALIK

3 CARA SEDERHANA PEMIMPIN MEMBERIKAN UMPAN BALIK

Salah satu aspek komunikasi yang wajib dilakukan oleh pemimpin adalah memberikan umpan balik kepada bawahannya. Seorang pemimpin harus dapat membangun keseimbangan antara umpan balik positif dan negatif bagi perbaikan karyawan di masa depan.

Ada 3 cara sederhana bagi para pemimpin untuk memberikan umpan balik (feedback) kepada bawahannya, antara lain:

Berikan secara seimbang antara perilaku positif dan negatif

Bawahan yang bermasalah perlu diberikan umpan balik, namun diawali dari hal yang positif. Setelah itu sampaikan perihal perilaku negatif yang perlu menjadi perhatian dan diperbaiki. Peristiwa ini pun berlaku bagi bawahan yang berprestasi, sampaikan hal positifnya, lalu berikan saran perkembangan selanjutnya.

Lakukan secara objektif dan tidak emosional

Berikan umpan balik sesuai dengan permasalahannya, jangan sampai menyangkut pada pribadi bawahan. Hal ini berkaitan ketika berhadapan dengan masalahcukup besar yang dibuat bawahan. Luangkan waktu terlebih dahulu untuk menenangkan diri, pahami situasi, dan pilihlah kata-kata yang membangun.

Fokus pada kekuatan tim

Seorang pemimpin harus mampu melihat sisi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh anggota tim.Jangan sampai terfokus pada kelemahannya saja. Sisihkan sebagian waktu untuk mempelajari dan menganalisa anggota tim, karena pemimpin membutuhkan kesadaran dan kemampuan beradaptasi dalam berkomunikasi dengan bawahannya secara tepat.

“How do leaders serve their people? They may pay good wages and treat employees with respect.”

John C. Maxwell