Ekonomi Indonesia cukup berat, bahkan berat sekali

Itulah judul artikel yang baru saya baca ketika sedang mempersiapkan sebuah meeting minggu lalu. Link artikelnya bisa dilihat disini.

Memang ini bukan berita baru, tetapi saya rasa masih relevan untuk di share.

Ketika meeting dengan beberapa client saya terkait prospek bisnis tidak sedikit yang mengeluh terkait betapa susahnya jualan saat ini. Di artikel ini pun di share beberapa pendapat praktisi bisnis di Indonesia

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja:

Kalau bermain sepak bola lapangan sedang becek karea habis hujan jadi harus berhati-hati agar tidak jatuh terpeleset karena licin.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede

Tentunya berat dan ya saya pikir semua negara mengalami karena memang global tidak mendukung.

Tapi menariknya disaat banyak yang merasa sedang susah bisnisnya, ada sebagian usaha yang justru berkembang pesat. Lihat saja Uniqlo ataupun Miniso, kebanyakan outletnya tidak pernah sepi pengunjung. Atau lihat saja penjualan minuman-minuman kekinian di Mall-mal besar dan masih banyak beberapa client saya yang mengatakan kewalahan menerima orderan. Tentunya ini disebabkan karena pemilihan segmentasi dan industri yang tepat. Tapi saya berpendapat ada faktor kualitas SDM nya yang berpengaruh disini.

Lalu apa yang bisa perusahaan lakukan untuk menghadapi ekonomi yang sulit ini? Saya berargumen ada tiga hal yang dapat perusahaan lakukan:

1. Kreatif dan temukan celah yang ada dipasar yang padat ini
Mungkin klise tapi disaat ekonomi yang sedang susah, perusahaan dituntut untuk lebih bisa kreatif dan lebih peka terhadap permintaan pasar

2. Empower your people
Managemen tidak perlu berpikir sendiri, berdayakan orang-orang terbaik yang dimiliki perusahaan. Jadikan mereka sebagai asset bukan liabilities

3. Kembangkan SDM
Banyak perusahaan yang memotong budget pengembangan mereka ketika ekonomi menurun seperti sekarang ini. Tetapi menurut saya itu malah salah. Perusahaan harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengalahkan kompetitor yang ada. Seperti tagline pemerintah SDM Unggul, Indonesia Maju! Disaat seperti inilah kesempatan untuk perusahaan mengembangkan SDM mereka dan tantang mereka untuk bisa membantu perusahaan.

Salam pengembangan SDM!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *