MENCIPTAKAN KEBIASAAN TIDUR YANG SEHAT

Pola hidup modern menyebabkan semakin banyak orang yang mengalami kesulitan tidur nyenyak. Berbagai gangguan tidur seperti kualitas tidur yang kurang nyenyak atau gangguan tidur yang lebih kronis seperti insomnia disinyalir menjadi semakin banyak dialami oleh masyarakat modern karena berbagai hal.

RESIKO KURANG TIDUR
Seseorang yang kurang tidur akan mengalami berbagai resiko dalam hidupnya. Beberapa diantaranya seperti:

KECELAKAAN KERJA LALU LINTAS
Mengantuk adalah salah satu penyebab kecelakaan paling besar di jalan raya maupun di tempat kerja. Riset mengatakan bahwa kurang tidur atau tidur dengan kualitas buruk menyebabkan seseorang mengalami penurunan daya konsentrasi dan daya refleks.

KEMAMPUAN BERPIKIR
Tidur akan berdampak pada kemampuan kita berpikir secara kognitif sehingga berdampak pada kemampuan kita bernalar dan menyelesaikan masalah. Selain itu, kekurangan tidur akan menyebabka seseorang mudah lupa sehingga pembelajaran akan semakin sulit diserap.

KESEHATAN RAGA
Terdapat berbagai resiko kesehatan yang dikaitkan dengan kekurangan tidur kronis seperti kenaikan berat badan, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan stroke. Riset mengatakan bahwa 90% penderita insomnia memiliki gangguan kondisi kesehatan terkait.

DEPRESI
Penderita insomnia disinyalir beresiko sebanyak lima kali lipat mengalami depresi. Insomnia seringkali disebut sebagai salah satu gejala depresi. Insomia dan depresi saling berkaitan erat. Kurang tidur akan memicu timbulnya depresi dan depresi akan menyebabkan seseorang semakin sulit tidur nyenyak.

MARI TIDUR SECARA SEHAT
Kebiasaan tidur yang sehat akan sangat berdampak pada peningkatan kualitas hidup kita. Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan kebiasaan tidur yang sehat jika diterapkan secara konsisten. Semoga berguna.

Terapkan jadwal tidur dan bangun yang sama termasuk di akhir pekan. Hal ini akan membiasakan tubuh untuk memiliki ritme biologis kapan tidur dan kapan bangun.

Lakukan ritual sebelum tidur secara rutin. Aktivitas menenangkan pikiran dan badan sebelum tidur sebaiknya dilakukan dengan suasana nyaman dan penerangan redup. Aktivitas energi tinggi akan menimbulkan semangat sehingga malah akan cenderung membuat kita semakin segar.

  • Hindari tidur selain di malam hari. Tidur terutama di sore hari akan menyebabkan kita semakin sulit tidur di malam hari.
  • Lakukan olah raga rutin, namun hindari olah raga di malam hari sebelum tidur. Berbagai riset mengatakan bahwa olah raga di malam hari membawa lebih banyak bahaya daripada manfaat. Tubuh akan membutuhkan waktu untuk menenangkan diri setelah berolah raga sehingga kita akan cenderung sulit tidur setelah berolah raga di malam hari.
  • Aturlah suasana kamar tidur agar kondusif. Kamar tidur sebaiknya bebas gangguan nyamuk, suara dan cahaya. Atur juga agar cahaya matahari pagi dapat masuk ke kamar sehinga tubuh akan memiliki alarm biologis untuk bangun.
  • Tempat tidur akan berdampak pada kualitas tidur kita. Matras perlu mampu menopang berat tubuh kita sehingga posisi tulang punggung nyaman. Baliklah atau gantilah matras yang telah berlekuk karena bertahuntahun digunakan. Gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi sehingga menunjang posisi kepala terhadap tulang punggung secara baik. Tempat tidur perlu menggunakan seprei yang nyaman dan tidak panas.
  • Hindari minuman beralkohol dan makan berat menjelang waktu tidu. Hal ini akan membantu tubuh, terutama pencernaan kita, agar dapat mulai memasuki suasana beristirahat sebelum tidur.
  • Jika sulit tidur, lebih baik bangun dari tempat tidur dan melakukan aktivitas ringan dan santai. Hindari bermain alat elektronik berlayar cahaya, terutama laptop, smartphone atau tablet, karena sinar dari layar akan membuat mata semakin segar. Jika perlu, keluarlah dari kamar tidur agar tubuh mengasosiasikan kamar tidur dan tempat tidur untuk tidur. Hindari membawa pekerjaan ke tempat tidur

Tips to get to Sleep

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *