Sahabat MDI, seperti diketahui bahwa kebanyakan karyawan tentu berkeinginan untuk mendapatan promosi atau kenaikan jabatan. Termasuk Anda bukan? Pasalnya ketika Anda dipromosikan oleh atasan, akan banyak hal yang akan Anda terima. Mulai dari kenaikan gaji, tunjangan, fasilitas, dan sebagainya. Anda pun akan memiliki peran penting mengemban posisi manajerial.

Nah, sekarang coba Anda bayangkan jika yang dipromosikan itu diri Anda. Apa yang Anda rasakan? Tentu senang bukan? Tapi bukan bukan hanya Anda yang senang. Tentu orang-orang di sekitar Anda juga akan ikut senang. Misalnya orang tua Anda. Mereka semua akan sangat gembira mendengar hal ini. Melihat anak kesayangannya bisa mendapatkan promosi bahkan menduduki jabatan penting. Bukan hanya orang tua Anda, pasangan Anda pun akan bangga bisa menemani perjalanan karier Anda dari bawah hingga mencapai posisi strategis.

Tidak heran banyak orang yang mengincar untuk dipromosikan. Yang sudah barang tentu membuat persaingan pun semakin ketat. Bahkan Anda pun perlu berusaha lebih keras dan serius dalam bekerja. Ini adalah beberapa konsekuensi yang harus dibayar.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Sebab kali ini mditack.co.id akan memberikan 3 cara ampuh agar Anda cepat dipromosikan tahun ini:

Berambisi tapi jangan ambisius

Berambisi tapi jangan ambisius

Sumber: theraoinstitute.com

Banyak orang berpandangan negative ketika mendengar kata “Ambisi”. Padahal, ambisi sangat dibutuhkan ketika Anda benar-benar ingin mendapatkan promosi tahun ini.

Ibaratnya, ambisi adalah bahan bakar yang Anda butuhkan untuk bisa mencapai hal tersebut. Artinya dengan ambisi Anda akan mencapai tujuan-tujuan yang Anda inginkan. Tanpa ambisi, Anda akan berada pada kehampaan karena tidak memiliki dorongan untuk melakukan apa pun.

Lalu bayangkan jika Anda tidak punya ambisi, yang terjadi adalah Anda tidak memiliki semangat di tempat kerja. Jika Anda tidak semangat, artinya Anda tidak akan produktif. Jika demikian terjadi, apakah Anda yakin perusahaan akan terus mempekerjakan Anda? Tentu tidak. Karena itu, Anda perlu memiliki ambisi. Karena dengan ambisi, Anda akan termotivasi untuk berusaha membuat apa yang ditugaskan kepada Anda bisa selesai dengan baik, bukan asal jadi, asal cepat, atau asal memenuhi tenggat.

Meski begitu, Anda perlu memiliki batasan dalam mengejar ambisi, yakni dengan mempertimbangkan lingkungan, nilai-nilai moral dan norma-norma di sekitar, etika, serta kondisi Anda sendiri. Kalau Anda melewati batas-batas tersebut, itulah yang dinamakan dengan ambisius. Nah, ambisius inilah yang tidak diperbolehkan.

Memiliki kemampuan memecahkan masalah

Memiliki kemampuan memecahkan masalah

Sumber: murphysmagic.com

Seorang Leader akan dihadapkan pada masalah setiap hari. Ia harus mengenali sumber daya yang Anda miliki dan menggunakannya untuk mengatasi tantangan yang ada diberikan. Ingat, tantangan adalah salah satu hal yang membuat Anda kreatif. Sehingga Anda perlu mensyukurinya. Sebab dengan tantangan, Anda belajar banyak hal, termasuk belajar untuk memecahkan masalah.

Nah, kemampuan memecahkan masalah ini seringkali tidak disadari oleh Anda secara pribadi. Tetapi, kemampuan itu biasanya dikenali oleh teman-teman Anda.

Sekarang, coba Anda ingat, apakah Anda termasuk orang yang sering dimintai tolong untuk membantu teman Anda? Jika iya, itu artinya Anda sudah siap jadi Leader.

Peduli keberhasilan orang lain

Peduli keberhasilan orang lain

Sumber: kuncikata.blogspot.com

Coba lihat kembali posisi Anda di dalam pekerjaan. Lihat bagaimana peran Anda di sana. Apakah banyak orang yang Anda bantu atau Anda tolong?

Mungkin ini terlihat sepele. Tapi ini sangat siginifikan pengaruhnya terhadap promosi Anda. Karena atasan Anda juga akan melihat bagaimana peran Anda. Tidak hanya sebatas melakukan pekerjaan yang dibebankan kepada Anda. Karena seorang pemimpin, yang dibutuhkan adalah sensitifitasnya dan kepeduliannya terhadap orang lain.

Nah, apakah Anda sudah memiliki kepedulian ini? Jika belum, Anda bisa mulai belajar membangun kepedulian. Bayangkan ketika Anda berada dalam kondisi tertekan dan stress karena deadline yang terlalu banyak, tugas pekerjaan yang seakan tidak ada habisnya. Lalu datanglah rekan Anda, menawarkan bantuan. Apa yang yang Anda rasakan? Pasti sangat happy bukan? Bahkan bantuan itu akan terasa seperti keajaiban. Meskipun Anda sadar bahwa bantuan tersebut tidak terlalu berdampak. Hal itu juga yang akan dirasakan oleh teman Anda ketika Anda dating menawarkan bantuan. Meskipun bantuan itu sangat kecil bahkan sederhana. Tapi percayalah, bantuan itu akan sangat berarti bagi teman Anda.

Bahkan dengan bantuan yang Anda berikan, Anda akan mencapai sebuah hubungan kerja yang lebih baik. Rekan kerja yang Anda temui selama 5 hari dalam seminggu adalah salah satu aset karier yang perlu dijaga. Coba Anda bayangkan jika hubungan yang Anda dan rekan kerja buruk, mungkin saja pekerjaan tidak akan terselesaikan dengan sempurna.

Nah itulah 3 cara ampuh agar Anda cepat dipromosikan tahun ini. Cobalah untuk menerapkannya dengan sepenuh hati dan perjuangkan mimpi Anda untuk bisa mendapatkan promosi di tahun ini.

Selain itu, Anda juga Anda bisa mengungkapkan pada atasan secara empat mata terkait hal ini. Dengan begitu, Anda bisa mendapat tugas dan peran tambahan agar mendapat poin lebih banyak untuk promosi berikutnya. Terus bedoa dan berusaha ya. Semoga sukses!