5 Cara Untuk Melatih Diri Anda Menjadi Pemimpin Idola

5 Cara Untuk Melatih Diri Anda Menjadi Pemimpin Yang Baik

Tidak banyak orang yang dilahirkan alami sebagai pemimpin. Kebanyakan pemimpin mengambil tanggung jawab untuk melatih diri mereka menjadi efektif. Apakah belajar dari kebijaksanaan orang lain, mengikuti pelatihan kepemimpinan, atau mendapatkan wawasan dari pengalaman pribadi, menjadi pemimpin yang lebih efektif adalah tentang apa yang Anda lakukan, bukan apa yang Anda tahu.

Berikut ini adalah lima hal yang dapat Anda lakukan untuk melatih diri menjadi seorang pemimpin besar :

Menepati janji secara berkala

Jangan pernah membuat janji yang Anda yakini tidak dapatAnda penuhi. Tidak ada yang dapat membuat kredibilitas Anda lebih cepat daripada ingkar janji atau harapan yang tidak terpenuhi. Kadang-kadang menepati janji dapat menjadi tantangan, jika hal itu tidak menyakitkan. Komitmen ini akan mengembangkan disiplin dan integritas. Praktikan hal itu dengan anak-anak Anda termasuk rekan kerja Anda.

Berpakaian untuk memberikan pengaruh

Jangan berpakaian untuk mengesankan, berpakaianlah untuk memberikan pengaruh. Itu artinya memastikan penampilan Anda konsisten dengan merek pribadi dan profesional Anda. Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri bagaimana seorang pemimpin yang memiliki aspirasi seperti Anda akan muncul dihadapan orang lain. Jangan membatasi penampilan hanya untuk diri sendiri. Terapkan juga untuk perusahaan Anda.

Perlakukan tim Anda seperti Anda mengharapkan mereka memperlakukan pelanggan Anda

Minta pada tim Anda untuk menjadi lebih sopan kepada pelanggan dan tidak sopan kepada mereka merupakan sesuatu hal yang tidak boleh dilakukan. Cara Anda memperlakukan orang lain merupakan barometer untuk semua orang di tim Anda.

Tunjukkan komitmen Anda untuk pengembangan pribadi

Ada dua cara untuk mengembangkan bisnis Anda, yaitu tumbuh sendiri dan tumbuh bersama tim Anda. Ketika Anda dan tim Anda membaik, begitu juga tingkat pelayanan, efisien operasional dan segala sesuatu yang lain. Juga jangan lupa untuk terus menimba ilmu dengan mendaftarkan diri Anda dan tim Anda untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan.

Tanyakan daripada menunggu umpan balik

Beberapa pemimpin bereaksi terhadap umpan balik yang tidak diminta sebagai kritik dan melewatkan kesempatan untuk belajar. Tapi menunggu karyawan Anda untuk menjadi cukup berani menawarkan umpan balik Anda adalah proposisi berisiko. Jangan meminta karyawan apa yang mereka suka atau tidak suka tentang Anda. Anda akan mendapatkan informasi yang lebih baik dengan mengajukan pertanyaan: “Menurut Anda, apa yang bisa saya lakukan untuk menjadi pemimpin yang lebih efektif ?”

Jika seseorang mengatakan Anda akan lebih efektif dengan berkomunikasi lebih jelas, minta contoh kapan Anda tidak jelas ketika mengkomunikasikan sesuatu, sehingga Anda dapat memahami apa yang dia maksudkan.

Manakah dari tindakan ini yang akan Anda ambil pertama kali untuk melatih diri menjadi pemimpin yang baik ?